close
Sosial Budaya

Akan ada taman bunga dan miniatur dunia di Linggo Asri

taman miniatur dunia purwokerto
Ilustrasi. Foto: small world Purwokerto

Kajen, Wartadesa. – Tahun depan, obyek wisata Linggo Asri di Kajen Kabupaten Pekalongan akan bertambah fasilitas, yakni taman bunga dan miniatur dunia (replika mini world). Penambahan fasilitas ini direncanakan dengan anggaran Rp. 1,9 miliar lebih untuk meningkatkan kunjungan pelancong ke obyek wisata kebanggaan wong ngKalongan ini.

Kasi Pengembangan Pariwisata Dinparpora, Purwo Susilo mengungkapkan bahwa alokasi Rp. 1,9 miliar tersebut dari Dana Alokasi Khusus. Dana tersebut direncanakan untuk membangun lima paket. Tiga paket yang akan dibangun yaitu panggung hiburan, view dek dan penataan pedagang. Dua paket lainnya berupa pembangunan sarana pelengkap yakni pembangunan jalan setapak dan pagar pembatas. Jum’at (28/12).

Sementara pembangunan mini world manggunakan dana APBD sebesar Rp. 400 juta. “Konsep mini world akan dihias dengan miniatur ikon beberapa negara, seperti miniatur jembatan Jepang, kincir Belanda, rumah indian dan taman bunga atau selosia dengan luas 5 ribu meter persegi,” tuturnya.

Selain penambahan fasilitas di Linggo Asri, Pemkab Pekalongan juga berencana membangun Petungkriyono Green Park di Desa Kayu Puring, Kecamatan Petungkriyono berupa taman kupu-kupu di lahan seluas tiga hektar untuk wisata alam konservasi dan edukasi. Pembangunan di Petungkriyono tersebut direncanakan secara bertahap. (WD)

Leave a Response