close
Politik

Baru lima desa dari 206 desa di Batang komitmen Pilkades tanpa politik uang

image834

Batang, Wartadesa. – Baru lima desa di Kabupaten Berkembang yang berkomitmen untuk menggelar Pilkades (Pemilihan Kepala Desa) serentak tanpa politik uang (money politic). Desa-desa yang menjadi percontohan tersebut meliputi Desa Kreo dan Sodong di Kecamatan Wonotunggal, Desa Siberuk kecamatan Tulis, Desa Kemiri Barat Kecamatan Subah dan Desa Yosorejo Kecamatan Gringsing.

“Pilkades serentak tanpa money politik sepertinya sulit, namun demikian ada 5 desa yang menjadi pilot project pilkades yakni di Kecamatan Wonotunggal ada di Desa Kreo, dan Sodong. “Kecamatan Tulis di Desa Siberuk, Kecamatan Subah di Desa Kemiri Barat. Kecamatan Gringsing di Desa Yosorejo, itu yang akan kami jadikan desa percontohan,” tutur Wihaji, Bupati Batang dalam Rapat Koordinasi persaiapan Pilkades di Aula Kantor Bupati setempat Kamis, (01/08). Kemarin.

Sebanyak 206 desa di Kabupaten Batang akan menggelar Pilkades serentak pada 29 September mendatang. ” Target minimal kita lima desa, tapi diharapkan bisa lebih banyak lagi,”  lanjutnya.

Rapat koordinasi digelar untuk menjaga stabilitas keamanan dan kondusifitas pelaksanaan pesta demokrasi di tingkat desa. “Ini untuk memberikan kepastian agar permasalahan sekecil apapun bisa dicarikan solusinya dari tahapan pilkades sampai proses pencalonan, penetapan calon sampai dengan pelaksanaan pemilihan dan penetapan pemenang,” jelas Wihaji.

Hal senada diungkapkan oleh Ketua DPRD Kabupaten Batang, Imam Teguh Rahardjo. “Saya harap pilkades serentak ini berlangsung secara arif dan bijak. Jangan sampai menimbulkan kerugian bagi kita semua,” ujarnya.

Imam meminta agar P2KD menyesuaikan dengan aturan yang ada. Mereka (P2KD) harus mencermati Daftar Pemilih Tetap (DPT) dan bertindak sesuai dengan pedoman teknis pelaksanaan pilkades agar tidak timbul permasalahan.

Sementara Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Agung Wisnu Barata mengatakan, hingga saat ini, desa yang mengajukan secara lisan Pilkades tanpa money politic ada enam desa.

“Dari enam tersebut meliputi Kecamatan Wonotunggal Desa Kreo,Sodong, Kecamatan Tulis Desa Siberuk, Kecamayan Subah Kemiri Barat, Kecamatan Gringsing Desa Yosorejo, Kecamatan Reban Desa Reban,”Kata Agung Wisnu Barata. (Eva Abdullah)

Tags : Batangmoney politicPilkades Serentakpolitik uang