close
BencanaSosial Budaya

Delapan titik longsor di Lebakbarang akibat hujan deras

longsor lebakbarang
Longsor di Lebakbarang akibat hujan deras seharian, Jum'at (01/03)

Lebakbarang, Wartadesa. – Hujan deras yang mengguyur wilayah Lebakbarang mulai pukul 11.00 s/d 17.30 WIB mengakibatkan titik-titik longsor yang menutup akses jalan, Jumat (01/2). Sebagian besar lokasi longsor berada di dukuh Petungkon desa Tembelanggunung Kecamatan Lebakbarang.

Berdasarkan keterangan dari Sutomo selaku kadus Petungkon, terdapat 8 (delapan) titik longsor tepatnya di sepanjang jalan antar dukuh Dondong ke dukuh Petungkon.

“Longsor yang menutup / mengganggu akses jalan raya terdapat 4 titik di sepanjang jalan dukuh Dondong hingga dukuh Petungkon. 1 titik berada di halaman rumah Sugito dukuh Petungkon desa Tembelanggunung namun tidak sampai merusak bangunan,” ujarnya.

Lebih lanjut Sutomo mengatakan 1 titik berada di lokasi tiang listrik dan mengakibatkan tiang tersebut roboh sehingga menyebabkan terputusnya aliran listrik di wilayah dukuh Petungkon. Sementara 2 titik lainnya longsoran kecil.

Setelah hujan mulai reda, Polri bersama pemerintah desa dan warga melaksanakan kerja bhakti membuka akses jalan yang tertutup material longsor. Hingga saat ini, dari 4 titik jalan yang tertutupi material longsor sudah bisa dilalui untuk kendaraan roda dua, namun untuk 2 titik longsoran untuk akses kendaraan roda 4 harus bergantian apabila ingin melewati jalan tersebut.

Kegiatan kerja bhakti dihentikan pada sekira pukul 18.00 wib mengingat hari sudah petang dan akan dilanjutkan esok hari.

Sementara itu, pihak Kepolisian menghimbau kepada warga untuk selalu berhati-hati dan waspada saat hujan deras. (Humas Polres Pekalongan)

Tags : lebakbaranglongsor