close
Hukum & Kriminal

Di Batang, ratusan botol ciu dan sopir diamankan, Pemalang pembuat petasan dirazia

pekat batang
Petugas Polres Batang mengamankan sopir beserta ratusan miras dalam operasi Cipta Kondisi

Batang, Wartadesa. – Ratusan botol ciu (minuman keras) berbagai ukuran disita petugas Polres Batang dalam operasi Cipta Kondisi di Alun-Alun Batang, Jum’at (24/05) dini hari. Tidak hanya botol ciu yang diamankan, sopir pembawa barang haram, pun turut diamankan. Sementara operasi Cipta Kondisi di Pemalang tidak menemukan petasan meski menyasar rumah diduga pembuat petasan.

Keterangan dari Kabag Operasi Kompol Puji Irianto, operasi digelar dengan tujuan menjaga kemanan dan ketertiban. Operasi tersebut digelar pada awal Ramadan hingga hari raya Idulfitri di wilayah Polres Batang.

“Hasil Operasi Cipta Kondisi, kami amankan sopir mobil grandmax karena kedapatan membawa miras jenis ciu murni sejumlah 516 botol besar bekas minuman. Selain itu, kami juga amankan sopir mobil calya karena didapati membawa 2 botol bekas minuman ukuran besar berisi ciu ,” ujar Puji Irianto.

Puji menambahkan, barang bukti dan sopir pengangkut miras diamankan di Mapolres Batang. “Barang bukti miras dan sopir sudah Kami amankan di Polres Batang untuk dimintai keterangan,” tuturnya

Dengan adanya operasi ini, Pihaknya berharap wilayah Kabupaten Batang aman kondusif jelang, saat dan pasca lebaran nanti, imbuh Puji.

Operasi di Pemalang Sasar Petasan dan Miras

Sementara itu perasi Cipta Kondisi di Pemalang menyasar peredaran petasan dan minuman keras. Polsek Comal menyisir rumah Fatkuri, warga Dukuh Kendalduwur Rt.02 Rw.04 Desa Sidorejo Kecamatan Comal Kabupaten Pemalang.

Fatkuri disinyalir pihak kepolisian sebagai pembuat (produsen) petasan. Sayang, saat dirazia tidak ditemukan petasan di rumahnya. Hanya kertas yang sudah dipotong-potong sebagai bahan petasan dan sebuah kayu penggulung ketas pembuan petasan didapati petugas.

Operasi dilanjutkan dengan merazia rumah milik Ambon dan toko kelontong Sunyoto di Desa Susukan, Kecamatan Comal, Kabupaten Pemalang. Namun, sepertinya masih belum beruntung. Pihak kepolisian tak juga mendapati barang bukti berupa miras.

“Operasi cipta kondisi ini sengaja dilakukan untuk mengurangi kegiatan yang mengganggu masyarakat. Miras menjadi sumber dari berbagai tindakan kejahatan dan merugikan masyarakat, sehingga pihaknya terus gencar melakukan razia selama Ramadan ini,”tegas Kapolsek Comal AKP Tarhim.

Operasi Cipta Kondisi yang digelar oleh Polsek Watukumpul, Pemalang menyasar toko sembako milik Karso (70), warga Desa Wisnu, Kecamatan Watukumpul, Pemalang. Petugas mendapati beberapa minuman keras jenis Arak AO (anggur cap orang tua).  (WD)

Tags : BatangMiraspemalangpetasan

Leave a Response