close
Pendidikan

Imbas PJJ terlalu lama, dua siswa di Pekalongan tidak sekolah

daring
ilustrasi

Pekalongan Kota, Wartadesa. – Dua siswa kelas IX (kelas 3) SMPN 9 Pekalongan menghilang dan tidak dapat dihubungi oleh pihak sekolah, akibat lamanya pembelajaran jarak jauh (PJJ) saat pandemi Covid-19.

Menurut Kepala SMPN 9 Kota Pekalongan, Dwiani Arbiyanti, kedua siswa tersebut tidak aktif mengikuti PJJ dan tidak ada kabar, hingga pihak sekolah melakukan kunjungan rumah (home visit).  Hasilnya, kedua siswa tersebut tidak berada di rumah.

Dwi mengungkapkan, hasil kunjungan rumah yang dilakukan, diketahui siswa pertama diajak bekerja di Pemalang. Setelah itu pihak sekolah kehilangan kontak dan tidak bisa dihubungi.

Sementara siswa kedua, lanjut Dwi,  ia adalah anak broken home dan ketika PJJ intensitas bertemu dengan guru juga berkurang, akhirnya lepas kendali. Siswa tersebut diketahui bergabung dengan anak punk.

Dwi menyebut telah berusaha membujuk siswa kedua untuk kembali sekolah, namun karena terpengaruh dengan teman-temannya, susah untuk kembali.

Munculnya permasalahan tersebut, menurut Dwi, merupakan imbas dari lamanya PJJ.  “Terus terang, karena terlalu lama PJJ ini justru lebih banyak muncul dampak negatifnya dari pada positifnya. Apalagi untuk anak-anak SMP yang mereka dalam proses pencarian jati diri dan membutuhkan pendampingan yang optimal untuk perkembangannya, baik dari segi akademis, non akademis, serta mentalnya,” imbuhnya.

Masalah lainnya, lanjut Dwi adalah keterbatasan sarana-prasarana saat pembelajaran daring (dalam jaringan) yang menyebabkan penyampaian materi dan tugas siswa kurang optimal.

Dwi berharap agar pandemi segera berakhir dan PJJ bisa segera diakhiri. Kegiatan Belajar Tatap Muka menurutnya bisa  mengobati rasa rindu siswa dan guru. (Bono)

Terkait
Alat yang anda butuhkan untuk mengamankan data pribadi saat berselancar di dunia maya

DATA penggunaan internet di Indonesia selama masa pandemi Covid-19 menunjukkan kenaikan yang tinggi. Survei yang dilakukan oleh APJII menyebutkan bahwa Read more

Masuk Zona Merah, April-Juni 90 Jenazah Covid-19 Dimakamkan

Kajen, Wartadesa. - Kota Santri, Pekalongan sejak Jum'at (18/06) masuk zona merah Covid-19. Lonjakan kasus korona ini terjadi pada bulan Read more

RS Bendan Overload, di tempat lain tempat tidur tinggal satu atau dua

Pekalongan Kota, Wartadesa. - Lonjakan kasus Covid-19 di Kota Pekalongan membuat okupasi (ketersediaan) tempat tidur (bed) ruang perawatan tinggal satu Read more

Fasilitas umum gencar disemprot disinfektan
Wartadesa foto

Fasilitas umum gencar disemprot disinfektan Kabupaten Pekalongan - Sebagai bentuk pencegahan penyebaran Covid-19, petugas gabungan yang Read more

Tags : daringPekalonganpjj