close
Sosial Budaya

Jaga kebersihan sungai, Pemdes Wuled gelar lomba mancing berhadiah kambing

lomba mancing

Tirto, Wartadesa, – Beragam cara digunakan oleh Pemerintah Desa Wuled, Kecamatan Tirto, Kabupaten Pekalongan untuk mensosialisasikan gerakan cinta lingkungan dan menjaga kebersihan sungai. Diantaranya dengan menggelar lomba memancing ikan lele berhadiah kambing.

Lomba yang diikuti oleh ratusan orang ini bakal dihelat Jum’at (15/02) selepas sholat Jum’at. Wasduki, Kepala Desa Wuled mengungkapkan bahwa lomba yang digelar merupakan upaya untuk memberikan kesadaran warga untuk menjaga lingkungan sejak dini.

“Jika tidak dimunculkan kesadaran sejak dini untuk menjaga lingkungan sungai bersih, maka selamanya sungai akan kotor oleh sampah,” tuturnya, Kamis (14/02).

Menurutnya, lomba yang digelar juga untuk menyatukan kebersamaan warga. “Padatnya penduduk Desa Wuled ini kita satukan kebersamaannya dengan kegiatan lomba mancing. Sekalian kita sosialisasikan secara terbuka agar warga menjaga lingkungan sungai. Yang dibutuhkan warga saat ini adalah kesadaran untuk selalu menjaga kebersihan sungai,” lanjut Wasduki.

Selain itu, Wasduki menghimbau agar warga Desa Wuled yang tinggal di dekat sungai untuk menegur dan mengingatkan warga lainnya untuk tidak membuang sampah di sungai.

“Kalau sungai bersih dan terbebas dari sampah, maka yang merasakan kebersihan sungai adalah kita semua. Sebab air sungai juga bisa dimanfaatkan untuk kegiatan masyarakat dalam bentuk apapun,” pungkas Wasduki. (WD)

Tags : wuled