close
FeminisiaPendidikan

Menyiapkan pribadi anak yang tangguh dan sukses dengan holistik parenting

khuzaiyah

Kedungwuni, Wartadesa. – Menyiapkan anak menjadi pribadi yang tangguh dan sukses di masa mendatang menjadi tugas mulia bagi orang tua. Orang tua punya tugas bersama untuk memberikan stimulasi bagi tumbuh kembang anak. Stimulasi ini mencakup  fisik,  psikologis,  sosial dan  agama yang harus diberikan kepada anak secara berkesinambungan agar pertumbuhan dan perkembangan bisa optimal. Demikian diungkapkan Siti Khuzaiyah, peraih anugerah Pemuda Pelopor Bidang Pendidikan dari Pemerintah Kabupaten Pekalongan beberapa waktu lalu.

Untuk menyiapkan generasi emas menjadi pribadi yang tangguh dan sukses tersebut, Siti Khuzaiyah mengembangkan pendidikan parenting (pekerjaan dan ketrampilan orang tua dalam mengasuh anak) yang dia sebut sebagai holistic parenting.  “Saya sebut sebagai holistic parenting karena edukasi parenting yang saya lakukan tidak hanya berfokus pada satu aspek saja, tetapi mencakup banyak aspek,” demikian ungkap Siti Khuzaiyah, Ahad (19/11).

Perempuan yang akrab dipanggil Yayah ini  gencar melakukan kegiatan edukasi parenting. “Aspek stimulasi yang saya edukasikan mencakup aspek fisik, aspek psikologis dan aspek agama. Melalui pemberian stimulasi ketiga aspek ini diharapkan anak-anak akan tumbuh menjadi pribadi yang baik serta tercukupi kebutuhan asah, asih dan asuhnya.” Lanjut bidan sekaligus dosen kebidanan di STIKES Muhammadiyah Kebidanan Pekalongan.

Beberapa kali Yayah mengisi kegiatan seminar parenting di beberapa tempat dan membuka kelas pijat bayi, dengan secara langsung mengajari  ibu-ibu tentang tekhnik stimulasi tumbuh kembang bayi dengan pijat dan komunikasi. Selain itu,  dia juga membangun komunitas ‘Diskusi Kehamilan dan Bayi (DKB)’ dengan anggota 700 orang, berasal dari berbagai daerah seluruh Indonesia.

Melalui komunitas DKB ini Khuzaiyah rutin berbagi ilmu tentang kesehatan, tentang komunikasi anak dan ilmu lain seputar pengasuhan anak. Dia juga menulis buku kesehatan reproduksi remaja ‘Secret of Teens: Mengatasi Seksualitas, Pubertas dan Pergaulan’  dan beberapa kali diundang ke sekolah-sekolah untuk pembinaan kesehatan reproduksi remaja di sekolah.

“Saya berharap generasi muda mampu bergerak dan berbuat banyak hal yang bisa bermanfaat bagi masyarakat. Kita tidak tau kebaikan kita yang manakah yang kelak akan mengantarkan kita ke syurga. Maka lakukan segala dengan sebaik mungkin. Bagi para generasi muda, ayo raih prestasi dan kejar cita-cita setinggi mungkin,” pungkas Khuzaiyah. (WD, Pekalonganmu)

Tags : edukasi parentingholistic parentingparenting