close
kebakaran mobil

Kajen, Wartadesa. – Mobil praktik Sekolah Menengah Atas (SMK) Muhammadiyah Kajen (Muhamka) terbakar. Peristiwa tersebut terjadi sekitar pukul 10.30 WIB.  Satu mobil praktik Xenia ludes terbakar dalam kejadian tersebut. Rabu (04/09).

Salah seorang karyawan SMK Muhamka yang dikonfirmasi membenarkan kejadian tersebut. “Satu mobil praktik terbakar, Alhamdulillah sudah berhasil dipadamkan, kurang dari 1 jam api padam.” Tuturnya.

Kebakaran terjadi di ruang praktik otomotif saat siswa melakukan evaluasi pembacaan data mesin dari hasil praktik. Siswa sudah benar melakukan evaluasi seperti memasang scanner dan mengontrol kondisi mesin dalam keadaan bagus. Setelah scanner dimasukkan dan mesin dihidupkan, muncul percikan api dibawah mobil. Api kemudian membakar mobil tersebut.

Beruntung siswa-siswi yang praktik sudah dibekali dengan pengetahuan dan keselamatan bekerja. Hingga mereka langsung menyemprot api dengan Alat Pemadam Ringan (APAR), yang ada di ruang praktik. Selain itu, pihak sekolah langsung menghubungi kantor pemadam kebakaran setempat.

Api berhasil dipadamkan sebelum petugas pemadam kebakaran datang. “Diapadamkan sendiri, tapi juga telepon bombe (pemadam kebakaran), tapi bombe datang sudah padam.” Lanjutnya.

Kesigapan para siswa memadamkan api membuat api yang membakar mobil Xenia tidak merembet ke mobil lainnya, yakni mobil Xenia dan Brio.

Tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut, kerugian akibat kebakaran ditaksir mencapai Rp. 30 juta. (Eva Abdullah)

Tags : mobil praktik smk muhamka terbakar