close
Bencana

Pabrik kayu Failin terbakar, api berasal dari mesin oven

kebakaran pabrik kayu batang
Pabrik kayu CV Failin terbakar, Jum'at (10/05) kemarin. Foto: ACT Batang

Batang, Wartadesa. – Api melalap pabrik pengolahan kayu, CV Failin di Desa Banaran, Kecamatan Banyuputik, Kabupaten Batang, Jum’at (10/09) pukul 09.30 WIB. Diduga api berasal dari mesin oven kayu yang terbakar dan menyambar bagian lainnya. Meski demikian tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut.

Petugas kebakaran, Tim ACT Batang, kepolisian dibantu oleh warga, langsung memadamkan api.  Api dapat ditaklukkan tidak lama setelah petugas mendapat laporan adanya kebakran.

“Begitu mendapat laporan, kita langsung berkoordinasi dengan pemadam kebakaran dan langsung meluncur ke lokasi kejadian,” ujar Kapolsek Limpung Polres Batang AKP Donni Krestanto.

Tiga buah mobil pemadam kebakaran dikerahkan untuk menaklukkan si jago merah. Alhasil 30 menit mereka berjuang memadamkan api, dapat dipadamkan.

Keterangan dari pekerja CV Failin, Triyono dan Andi Widiyanto mengungkapkan bahwa sebelumnya pada pukul 08.00 WIB dia bekerja membongkar kayu balken di ruang oven dengan menggunakan forklin, dibawa ke ruang produksi.

Sekira pukul 09.30 WIB pekerja lainnya, Mugiono melihat asap keluar dari ruang oven yang sedang dibongkar baru setengah jalan tersebut. Melihat hal itu, Mugiono memberitahu Triyono dan Andi Widiyanto yang sedang di ruang produksi, kemudian keduanya mengambil lagi tumpukan kayu dengan forklin. Namun dari dalam langsung keluar api yang besar dan sudah membakar kayu balken yang ada dibagian dalam.

AKP Donny menambahkan, bahwa penyebab kebakaran diduga suhu ruang oven yang terlalu tinggi hingga membakar kayu balken, berupa kayu sengon dan albasia yang kondisinya sudah sangat kering. Kerugian material diduga mencapai Rp. 150 jutaan. (WD) 

Tags : Batangkebakaran pabrik kayu

Leave a Response