close
Layanan PublikSosial Budaya

Pastikan penerima PKH keluarga miskin, rumah warga ditempel stiker

pkh

Pemalang, Wartadesa. – Untuk memastikan penerima manfaat Program Keluarga Harapan (PKH) benar-benar warga miskin, Polsek Bodeh mendampingi pemasangan label “Keluarga Miskin” pada rumah Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di Desa Jatingarang, Kecamatan Bodeh, Kabupaten Pemalang, Selasa (22/10).

Pelabelan yang dilakukan oleh petugas PKH kecamatan setempat, didampingi oleh perangkat desa dan Bhabinkamtibmas Desa Jatingarang, Bripka Zulkarnain.Label tersebut berupa tulisan yang menjelaskan bahwa penghuni rumah merupakan KPM PKH yang masuk kategori miskin.

“Penulisan di dinding rumah ini sebagai salah satu cara untuk memastikan program ini tepat sasaran,” tutur Bripka Zulkarnain.

Diketahui bahwa terjadi pro-kontra diantara warga terkait KPM penerima PKH, apakah mereka benar-benar miskin atau tidak. Dengan pelabelan tersebut Zulkarnain menambahkan,  salah satu cara untuk menyaring keluarga yang benar-benar masuk kategori miskin dan ketepatan program pro kemiskinan seperti PKH akan membantu pemerintah dalam menangani kemisikinan. Untuk itu Polri akan terus mengawal program pemerintah ini, agar program tersebut tepat sasaran.

Akibat dari pemasangan label “Keluarga Miskin” tersebut, setidaknya mengurangi jumlah penerima manfaat PKH di Kabupaten Pemalang.  Data dari Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Pemalang, penyusutan jumlah penerima bantuan PKH mencapai 3 ribu orang. Hal tersebut dikarenakan ribuan orang mengundurkan diri menjadi perseta penerima manfaat PKH.

Menurut Supardi, Kabid Sosial di Dinsos Kabupaten Pemalang, jumlah penerima bantuan PKH di Pemalang kini mencapai 60 ribu orang.  “Awalnya 63 ribu orang, ada penyusutan mencapai 3 ribu orang. Penyusutan dikarenakan penerima bantuan mengundurkan diri,” jelasnya, Selasa (17/9/2019) lalu.

Menurut Supardi pengunduran diri penerima manfaat PKH di Kabupaten Pemalang lantaran merasa sudah mampu dan beberapa karena malu karena adanya label tersebut. (Eva Abdullah)

Tags : keluarga miskinmundur dari pkhpemalangPKH