close
Layanan PublikLingkungan

Sudah diajukan perbaikan oleh Pemdes sejak 2016, jalan Plakaran masih rusak parah

jalan rusak pemalang
Kondisi ruas jalan Kabupaten Pemalang di Desa Plakaran, Kecamatan Moga kondisinya rusak parah

Pemalang, Wartadesa. –  Kondisi jalan kabupaten yang melintas di Desa Plakaran, Kecamatan Moga, Kabupaten Pemalang sangat memprihatinkan.  Kerusakan jalan sangat parah, hampir seperti kali asat, menurut warga. Bagaimana tidak, hampir seluruh permukaan jalan tidak tampak aspal, yang terlihat hanya bebatauan atau makakam, lantaran aspalnya sudah terkelupas.

Warga sempat memposting kondisi ruas jalan tersebut pada laman media sosial twitter dan dijawab oleh Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, bahwa pemdes hendanya mengusulkan ke pihak pemkab. “Kadesnya usul ke Pemkab … gampang kan?” tulis Ganjar (05/05).

Jawaban Ganjar Pranowo dalam postingan warga di Twitter (05/05)

Menurut Pemdes Plakaran Kecamatan Moga, Nur Laela, kerusakan jalan paling parah dari Balai Desa Plakaran ke Dusun II dan III. “Jalan yang rusak adalah jalur dari Balai Desa Plakaran ke Dusun II dan III, terlebih jalan menurun lumayan terjal.” Ujarnya.

Selain itu, kerusakan jalan juga terjadi pada ruas yang melewati Desa Mandi Raja ke Desa Plakaran. Informasi yang didapatkan dari Pemdes Plakaran, pihak Pemerintah Desa Plakaran telah mengajukan perbaikan jalan pada 2016, namun perbaikan jalan kurang dari separuh yang direalisasikan.

“Pihak desa (pemdes) sudah mengajukan perbaikan dari tahun 2016, dari Volume 6,4 KM baru turun dan diperbaiki 2,4 KM, sisanya masih rusak parah.” Lanjutnya.

Pemerintah  dan warga Desa Plakaran sangat menyayangkan respon dari Pemkab Pemalang yang lamban memperbaiki fasilitas layanan publik tersebut. “Kalo bisa diperbaiki dengan dana desa (DD) sudah diperbaiki, tetapi aturannya Dana Desa tidak boleh untuk memperbaiki jalan kabupaten yang sudah menjadi kewenangan kabupaten.” Tambahnya.

Pemdes Plakaran berharap agar Pemkab Pemalang segera memperbaiki ruas jalan tersebut untuk meningkatkan produtivitas warga. “Diharapkan pihak Pemkab dalam hal ini DPU Kabupaten Pemalang dan dinas terkait segera memperbaiki (ruas jalan tersebut), kasihan warga kami, aktivitas dan kesehariannya terganggu karena jalan yang rusak.” Pungkasnya. (Eky Diantara)

Tags : Ganjar PranowoJalan Plakaran rusakpemalang

Leave a Response