close
Jalan-jalanPendidikanSosial Budaya

Tanamkan rasa menghargai apa yang dipunya, PAUD-TK Islam Futuhiyah kunjungi Desa Wisata Edukasi Gerabah

gambar guru tk
Hanifatussoliha, guru TK Futuhiyah

Wonopringgo, Wartadesa. – Menanamkan rasa memiliki dan menghargai apa yang dipunyai, sudah seharusnya dilakukan sejak dini. Seperti dilakukan oleh PAUD dan TK Islam Futuhiyah, Desa/Kecamatan Doro, Kabupaten Pekalongan dalam kegiatan outingclass (belajar di luar kelas), Sabtu (02/02) dengan mengunjungi Desa Wisata Edukasi Gerabah Wonorejo, Kecamatan Wonopringgo, Kabupaten Pekalongan.

Hanifatussoliha, guru TK Futuhiyah mengungkapkan bahwa kegiatan outingclass di lembaganya merupakan helatan tahunan untuk mengajak anak didik belajar di luar kelas, sekaligus membekali dengan ilmu yang bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Menurut perempuan yang biasa disapa Hani tersebut, karya wisata yang dilakukan kali ini merupakan ajang anak-anak didiknya mengerti bagaimana membuat gerabah berupa celengan, lemper (tempat makan), kendi (tempat minum), dan lain sebagainya langsung dari pengrajin.

Selama ini anak-anak biasa pergi ke pasar, membeli kebutuhan maupun mainan mereka tanpa mengetahui proses pembuatannya, “Anak-anak biasanya pergi ke pasar beli mainan maupun kebutuhan mereka tanpa tahu proses membuantnya. Dengan karya wisata ini, anak-anak akan lebih bisa menghargai apa yang mereka punya, dan beli … tidak lagsung dibuang.” Lanjut Hani.

Selain itu, lanjut Hani, anak-anak akan lebih menghargai apa yang ia punya dan ia beli, manakala ia mengetahui bahkan turut langsung melakukan proses pembuatan barang-barang kesukaanya, seperti gerabah yang saat ini mereka buat dan pelajari. Lanjutnya.

“Kami mendidik anak-anak di PAUD dan TK Islam Futuhiyah dengan menanamkan tanggung jawab terhadap barang-barang yang mereka punya. Harapannya dengan belajar di Kampung Gerabah Wonorejo, anak-anak mendapatkan ilmu yang bemanfaat di kehidupan sehari-hari,” Pungkas Hani. (WD)

Tags : dorofutuhiyah

Leave a Response