close
Seni Budaya

Tari Ing Warno, bakal dihelat di Pantai Widuri

tari

Pemalang, Wartadesa. – Dewan Kesenian Daerah (DKD) Pemalang bakal menggelar acara bertajuk Tari ing Warno di parkiran Pantai Widuri Pemalang. Gelaran tersebut dalam rangka memperingati hari tari dunia ke-39, tanggal 29 April mendatang.

Acara berisi pentas seni tari dan lukis untuk mewadahi generasi muda pecinta seni di Kota Ikhlas. “Kegiatan ini dilaksanakan oleh DKD Pemalang khususnya dari komite seni tari dan lukis harapannya acara itu bisa mewadahi generasi muda dalam kegiatan positif,” ujar Ketua DKD Pemalang, Supendi, kemarin.

Perhelatan seni tersebut menurut Supendi dilakukan sebagai salah satu bentuk apresiasi pada kesenian khususnya tari di Pemalang. Selain itu sebagai langkah untuk menumbuhkembangkan tari di Pemalang dan merangsang kreativitas seniman dan penyaji tari di Pemalang agar terus berkreasi.

Supendi menyebut bahwa kegiatan mengusung  judul tari Ing Warno yang  merepresentasikan perjalanan berkesenian baik dari bidang tari maupun kesenian yang lain.

“Komite tari di bawah DKD Pemalang mempersembahkan tari-tarian yang popular dikalangan pelaku seni tari di daerah Pemalang. Konsep kemasan panggung yaitu dengan arena hal itu agar lebih dekat dengan masyarakat dan penonton,” tandas Supendi.

Dia mengatakan, pentas tersebut sebagai salah satu sarana untuk mengingatkan bahwa kesenian di Pemalang masih berjalan.

Tarian yang akan dipersembahkan oleh komite tari yaitu tari-tari popular di Pemalang. Para penari berasal dari salah satu sanggar di Pemalang, tari kontemporer yang berkolaborasi dengan seni lukis. (Eva Abdullah)

Terkait
Merawat kesenian Kabupaten Pekalongan

Sragi.wartadesa - Ada yang beda suasana malam minggu di Pujasera (pusat jajan masyatakat) Kecamatan Sragi Kabupaten Pekalongan. Ratusan masyarakat, terdiri Read more

Meski diguyur hujan, kemah budaya pelajar tetap semarak

Karangdadap, Wartadesa. - Gelaran kemah budaya pelajar SMA dan SMK se-Kabupaten Pekalongan di lapangan Desa Kebonsari, Kecamatan Karangdadap Kabupaten Pekalongan Read more

Tebarkan syiar Islam, grup hadroh SMA Islam YMI tampil di Kajen

Kajen, Wartadesa. - Grup Hadroh SMA Islam YMI Wonopringgo, Syauqul Mustofa, kembali tampil dalam pembacaan maulid nabi dan solawat pada Read more

Ultah Perak, SMA Islam Wonopringgo gelar pameran seni

Wonopringgo, Wartadesa. - Suasana meriah terlihat di SMA Islam YMI Wonopringgo, Selasa (28/2). Sebuah pagelaran pameran seni dan budaya digelar Read more

Tags : pemalangsenitari