close
Sosial Budaya

Tuntut Bansos, Ratusan Sopir Angkot dan Kang Ojek Demo

ilustrasi demo
Foto: Ilustrasi demo. Sumber: Freepict

Pemalang, Wartadesa. – Para sopir angkutan umum (angkot), tukang ojek (kang ojek) pangkalan dan ojek aplikasi yang tergabung dalam Organda mendatangi Kantor Bupati Pemalang, Rabu (07/12/2022). Kedatangan mereka menuntut pencairan bansos usai kenaikan harga BBM.

Aksi dilakukan dengan memarkir kendaraan di jalanan sekitar pendopo Bupati Pemalang.

Ketua DPC Organda Pemalang, Andi Rustanto mengungkapkan bahwa Pemkab Pemalang hingga saat ini belum mencairkan bansos pengganti BBM kepada para pekerja angkutan.

“Data sudah kami kirimkan ke Dinas Perhubungan dan Dinas Sosial. Tapi dari 1500 orang yang tercatat sejak bulan September 2022 sampai sekarang belum terealisasi,” tegas Andi Rustono, dikutip dari Puskapik.

Bansos kenaikan BBM, menurut Andi, akan diberikan sekaligus Rp600 ribu kepada para supir angkutan umum, ojek online dan ojek pangkalan. Namun hingga waktu yang dijanjikan, Dinas Sosial Pemalang hanya bisa merealisasikan kurang dari Rp200 ribu dengan alasan kesalahan data dan penerima sudah mendapatkan bansos lainnya.

Selain itu, masih menurut Andi, Pemkab Pemalang juga belum mengumumkan kenaikan tarif angkutan umum. Padahal BBM sudah lama naik.

“Kami enggak ngerti pola dan cara pejabat dalam bekerja, urusan tarif resmi saja sampai berlarut-larut tidak ada kepastian. Sampai akhirnya kami datang kesini.” kata Andi.

Pj Sekda, Mohammad Sidik dan Kepala Dishub Pemalang yang menemui peserta aksi mengungkapkan akan melakukan pembahasan terkait penyesuaian tarif angkutan umum.

“Untuk bantuan langsung tunai, nanti kalau diurus Dinsos berarti melalui bansos dan yang bisa dicover tukang ojek. Tapi kalau angkutan nanti diurus Dishub. Ini nanti Dishub selesaikan administrasinya. Saya jamin bulan ini terealisasi.” tegas Sidik. (.*.)

Terkait
Pantai Depok, Nasibmu Kini

Meski sudah ada pemecah ombak, abrasi terus menggerus Pantai Depok Pekalongan (12/10)

Rusak, warga rehab Mushola “Pasar Kebo”

Warga sekitar Mushola Pasar Kebo - Kajen merehab Mushola, Jum'at (14/10). Foto : Eva Abdullah/wartadesa Kajen, Read more

[Video] Pantai Siwalan Nasibmu Kini

https://youtu.be/-ifv0wgTxAM Pesisir pantai siwalan hingga wonokerto Kab. Pekalongan terus terkikis, Pemukiman warga terus terancam hilang. Sebagian rumah warga  sudah tidak Read more

Meneruskan estafet kepemimpinan rating IPPNU Pecakaran

Pelantikan Pimpinan Ranting IPNU IPPNU Pecakaran, Wonokerto - Pekalongan berlangsung khidmad. (14/10) Foto : Wahidatul Maghfiroh/wartadesa. Read more

Tags : demo kenaikan bbmdemo sopir angkotdemo tukang ojekpemalang