close
LingkunganSosial Budaya

8 tahun drainase rusak tak diperbaiki, warga rencana perbaiki dengan swadaya

banjir pemalang

Pemalang, Wartadesa. – Delapan tahun lebih, warga Kelurahan Kebondalem Rt. 01/01, Kecamatan Pemalang, megeluhkan saluran drainase yang mampet. Ketika turun hujan, air meluap dan menggenangi permukiman warga.

Hal ini sangat disayangkan karena terjadi di lokasi yang tak jauh dari pusat kota, yakni Pendopo Kabupaten Pemalang yang berjarak kurang lebih dua kilometer.

Warga setempat, Romadhon (29), meyebut bahwa meluapnya air ke permukiman warga ketika hujan lataran burukya saluran drainase. Selain itu, air saluran irigrasi di Kelurahan Pelutan tersumbat da terjadi pendangkalan. Higga saat ini peyumbatan dan pendangkalan saluran irigrasi di Pelutan belum juga diatasi.

Romadhon menambahkan, dinas terkait da Pemkab Pemalang sudah melakuka survei ke saluran irigrasi Pelutan, namun hingga kali ini tak kunjung ada perbaikan.

“Iya mas padahal dari pihak dinas baik Kelurahan maupun Pemkab Pemalang sudah berulang kali survei, akan tetapi sampai sekarang ini sampai saya tinggal di sini selama 8 tahun tidak kunjung ada perbaikan,” ujar Romadhon.

Kekecewaan warga akhirya diungkapkan dengan berinisiatif untuk mengumpulkan swadaya warga guna pengurukan jalan. “Malah sampai kecewanya warga, kemarin saya berinisiatif beserta warga mau swadaya pengurugan jalan. Dari pada nunggu pihak kelurahan atau pemda yang tidak pasti.” Ujarnya.

Warga berharap agar permasalahan tersebut ditangani oleh pihak terkait. Hingga saat ini, belum ada konfirmasi dari pihak kelurahan maupu Pemkab terkait penyelesaian permasalahan tersebut. (Eky Diantara)

Tags : banjirdrainase rusak

Leave a Response