close
PolitikSosial Budaya

Anggota PPK Pemalang dilantik, ada tudingan pengurus parpol jadi anggota

ppk pemalang
Anggota PPK pemilihan Bupati/Wakil Bupati Pemalang tahun 2020 dilantik hari ini, Sabtu (29/02) di Hotel Winner Pemalang. Foto: Eva Abdullah

Pemalang, Wartadesa. – 70 anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) untuk pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Pemalang dilantik KPU hari ini di Hotel Winner, Sabtu (29/02). Anggota PPK yang dilantik merupakan hasil penjaringan yang sebelumnya sudah digelar oleh KPU. Ke70 anggota PPK tersebut terpilih setelah melalui tes yang digelar oleh KPU Kabupaten Pemalang. Namun ada tudingan bahwa ada anggota PPK terpilih merupakan pengurus partai politik. Benarkah?

Dalam tajuk yang ditulis Puskapik hari ini, berjudul “Duh! Anggota PPK Pengurus Parpol, KPU Pemalang Bisa Netral?” Puskapik menulis bahwa ada temuan adanya pengurus partai politik (parpol) saat seleksi anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) justru diabaikan KPU.

Sebelumnya, Bawaslu menemukan calon PPK yang terdeteksi sebagai aktivis parpol. Bahkan, salah satu calon PKK yang lolos tes tertulis dan ikut seleksi wawancara, terbukti masih menjadi pengurus parpol. Atas temuan ini, Bawaslu mengirim surat ke KPU agar ditindaklanjuti. Namun sayangnya, temuan dan surat Bawaslu seperti dianggap angin lalu. Janji KPU mencoret calon PPK yang masih jadi pengurus parpol juga tidak dipenuhi. Tulis Puskapik.

Namun saat KPU dikonfirmasi oleh Puskapik, Agus Sitiyono, Divisi Sosialisasi dan SDM KPU Pemalang menjawab bahwa hal terebut merupakan tuduhan.  “Datanya harus jelas, jangan cuma indikasi ada temuan, tapi tidak ada nama. Itu sama saja dengan tuduhan ke kami,” kata Agus Setiyono.

Anggota Komisi A DPRD Pemalang, Masruhin, meminta KPU tidak main-main dan tidak menganggap remeh dalam persoalan seleksi dan pemilihan anggota PPK. Apalagi, sudah ada temuan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) adanya anggota atau pengurus parpol yang lolos seleksi.

Pelantikan anggota PPK Pemalang tersebut dihadiri Bupati Pemalang Junaedi diwakili Kepala Kesbangpodan Linmas, Sudjarwo, jajaran Forkompimda, Kepala OPD, perwakilan dari partai politik yang ada di Kabupaten Pemalang TNI, Polri dan media.

Ketua KPU Mustaghfirin mengharapkan kepada temen temen PPK dalam bertugas agar selalu berdoman pada aturan yang berlaku pada setiap tahapan proses Pilkada.

Dalam bertugas lanjut Mustaghfirin anggota PPK harus berintegrasi dan soliditas agar proses demokrasi dapat berjalan dengan baik, berkwalitas dan berjalan lancar.

Sedangkan kepada warga masyarakat Kabupaten Pemalang, pihaknya menghimbau agar ikut berpartisipasi pada momen tersebut, serta mendukung agar proses pelaksanaan demokrasi di Kabupaten Pemalang berjalan lancar aman, dan sukses.

Kepala Kantor Kesbangpol dan Linmas Kabupaten Pemalang Sudjarwo mewakili Bupati Pemalang menyampaikan bahwa setiap anggota PPK dituntut bersikap netral dan menguasai regulasi yang berlaku dalam proses Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Pemalang, sehingga diharapkan proses pilkada dapat berjalan dengan aman dan sukses tanpa ada masalah, minimalisirkan potensi – potensi yang bisa menjadi masalah.

“Selalu mengambil langkah strategis dan sistematis selalu berkordinasi dengan pihak pihak terkait”, ujar Sudjarwo. (Eva Abdullah dengan sumber Humas Pemkab Pemalang dan Puskapik.com)

Tags : anggota ppk dari parpolpemalangppk