close
Pendidikan

Hadapi era industri 4.0, YMI Wonopringgo gelar sarasehan

seminar

Wonopringgo, Wartadesa. – Yayasan Madrasah Islamiyah (YMI) Wonopringgo, Kabupaten Pekalonan akan menggelar seminar pendidikan bertajuk “Sarasehan Pendidikan sebagai upaya Yayasan Madrasah Islamiyah dalam Mengembangkan Pendidikan di era revolusi industri 4.0”. Seminar ini akan diikuti kurang lebih 350 pendidik dan tenaga pendidikan serta dosen dibawah naungan lembaga YMI, bertempat di SMA Islam Wonopringgo, Ahad (01/03) besok.

Ditemui Wartadesa, Dodhy Harjinto, Ketua Panitia mengatakan bahwa gelaran seminar merupakan ikhtiar YMI dalam menghadapi era Industri 4.0. “Era Industri 4.0 ini dunia pendidikan mengadapi tantangan yang berat. Hal tersebut membutuhkan pemanfaatan teknologi digital dalam proses pembelajaran yang dikenal dengan sistem siber (cyber sistem) dan mampu membuat proses pembelajaran berlangsung secara kontinu tanpa batas ruang dan tanpa batas waktu.” Ujarnya, Sabtu (29/02).

Dodhy menambahkan bahwa seminar akan menghadirkan Bupati Pekalongan Asip Kholbihi, Anggota DPRRI Bisri Romli, Ketua DPR Kabupaten Pekalongan Hindun, Khirzudin Basyar direktur perusahaan swasta nasional dan Chusni Mubarok dari Pertamina ini akan mengupas tuntas tantangan dunia pendidikan menghadapi pasar global.

“Seminar akan mengupas seluk-beluk regulasi pemerintah terkait pendidikan memasuki era industri 4.0 dan bagaimana menangkap peluang pasar dimasa mendatang dengan penerapan link and match antara lembaga pendidikan dan dunia industri.” Lanjut  Kepala SMA Islam Wonopringgo ini.

Pantauan Wartadesa di lapangan, Sabtu, (29/2), persiapan acara sudah tampak lebih matang. Para siswa dan guru sejak pagi sudah berpakaian olahraga. Mereka bergotong-royong membersihkan halaman dan taman-taman sekolah agar tampak bersih dan indah. Ada juga para pengurus OSIS yang cukup berani menaiki tangga dan membersihkan tumpukan daun di atap tempat parkir guru. Namun tenang, mereka dalam pengawasan penuh kepala sekolah dan guru agar tidak terjadi kecelakaan yang bisa mengambyarkan euforia menyambut acara ini. Pekerjaan mempercantik taman pun kembali dilanjutkan.

Di sudut lain sekolah, tepatnya di musola, terdengar lantunan salawat nan merdu yang sesekali terhenti di tengah-tengah lagu karena detail-detail yang terlewat. Rupanya, lantunan salawat itu dimainkan oleh para personil grup rebana kebanggaan sekolah, Syauqul Mustofa. Mereka begitu bersemangat berlatih karena sudah membayangkan akan disaksikan oleh anggota DPR, Bupati, dan Kepala Dinas Pendidikan.

Sementara itu, di pertigaan sedayu, beberapa anak dikomando oleh Wakil Kepala Bidang Kesiswaan memasang baliho pengumuman penerimaan peserta didik baru (PPDB) tahun pelajaran 2020/2021. Adanya hajat besar ini tentu adalah momen yang bagus untuk mempromosikan sekolah dan sayang sekali untuk dilewatkan. (Eva Abdullah/M. Mikail Ilyasa)

Tags : seminar pendidikansma islam wonopringgoYMI