close
Dana Desa

Belum satupun desa di Pemalang cairkan Dana Desa

dd pemalang

Pemalang, Wartadesa. –  Dari 211desa di Kabupaten Pemalang, belum satupun yang mencairkan Dana Desa tahun anggaran 2020. Alasannya karena proses regulasi yang rumit. Demikian terungkap dalam Focus Group Discussion (FGD–Grup Diskusi Terpusat) di Hotel Regina. Rabu (11/03)

Bupati Pemalang, Junaedi yang membuka acara sebelumnya menanyakan kepada peserta yang terdiri dari  para kepala desa, camat, kepala dinas instansi terkait dan Forkompinda, apakan anggaran DD sudah dicairkan atau belum. Ternyata belum satupun yang mencairkan dana tersebut.

”Harusnya sudah ada desa yang mengajukan. Tapi sampai hari ini belum ada yang mengajukan untuk pencairan dana desa,” kata Bupati Junaedi.

Keterlambatan pengajuan pencairan dana DD tersebut diduga berkaitan dengan laporan rencana pelaksanaan pembangunan desa yang belum dibuat oleh desa masing-masing. Oleh karena itu Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Dipermasdes) diminta untuk memfasilitasi sehingga prosesnya bisa dipercepat.

Junaedi meminta para kepala desa fokus upaya pencairan dana DD mengingat dana tersebut perlu karena berhubungan dengan kegiatan pelaksanaan pemerintahan desa dan bergulirnya perekonomian di desa.

“Kenapa dana itu digulirkan ke desa, agar perputaran uang itu tidak kemana-mana. Sehingga akan menggairahkan daya beli di masyarakat karena perputaran uang itu ada di desa,”ujar bupati.

Bupati menegaskan, perlu dicermati oleh kepala desa tentang kewajiban kepala desa untuk membuat laporan pertanggung jawaban tahun 2019. Karena laporan pertanggung jawaban APBDesa tahun anggaran 2019 sudah menjadi kewajiban kepala desa. Yaitu Laporan Penyelanggaraan Pemerintah Desa (LPPDesa) yang disampaikan kepada bupati melalui camat.

Sekdin Dispermasdes Sodik Ismanto mengungkapkan, jumlah anggaran dana DD 2020 sebesar Rp 329 miliar lebih yang diperuntukkan kepada 211 desa di Pemalang. Pengajuan pencairan dana tersebut saat ini mengacu pada regulasi baru.

Masing-masing pihak perlu penyesuaian aturan baru tersebut. Tetapi pihaknya optimsitis dana sebesar itu pasti akan bisa dicairkan. Kini sedang dilakukan proses di beberapa desa. Sedangkan yang sudah maju prosesnya sekitar 40 desa. (Eva Abdullah)

Tags : dana desa belum dicairkanDDpemalang