close
Bencana

Diterjang longsor, rumah Maskur jebol

longsor bawang

Batang, Wartadesa. – Dinding belakang rumah Maskur, warga Dukuh Klawen Rt 10/04, Desa Candigugur, Kecamatan Bawang, Kabupaten Batang jebol akibat diterjang longsor, Jum’at (07/02) sore kemarin. Longsor terjadi akibat hujan deras yang mengguyur wilayah Bawang sejak siang hingga sore hari.

Keterangan dari Corps Brigade Pembangunan (CBP) IPNU Bawang menyebut bahwa tebing setinggi lima meter dengan panjang tujuh meter mengalami longsor. Material longsor berupa tanah dan bebatuan menerjang dinding belakang rumah milik Maskur hingga jebol.

Saat kejadian Maskur dan keluarganya sedang berada di dalam rumah. Tiba-tiba saja terdengar suara dari belakang. Saat dilihat, kondisi rumah bagian belakang sudah penuh dengan material longsor.

Warga dibantu Barisan Serba Guna (Banser) Ansor dan CBP IPNU Bawang kemudian mengevakuasi material longsor yang masuk ke rumah Maskur.

Kapolsek Bawang, AKP Muharom membenarkan kejadian tersebut. Kapolsek mengatakan bahwa longsor diakibatkan intensitas hujan yang tinggi, menyebabkan dinding rumah korban jebol sepanjang empat meter dengan ketinggian dua meter.

Muharom menambahan, tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut, namun pihaknya menghimbau agar warga meningkatkan kewaspadaan saat hujan turun.

“Alhamdulillah tidak ada korban jiwa, kerugian materiil diperkirakan Rp. 7 juta, kami berharap, masyarakat terutama yang tinggal di dataran tinggi untuk lebih berhati-hati dan selalu memantau situasi, terutama saat hujan deras,” tandas Kapolsek. (Eva Abdullah)

Tags : Batangbawanglongsor