close
Sosial Budaya

Gara-gara kesurupan, Polisi redam isu begu ganjang di Simalungun

gegara

Simalungun, Wartadesa. – Gara-gara kesurupan, wanita IM (25) menuduh Pamannya MM (60) memelihara begu ganjang (hantu panjang, Gondoruwo), keduanya warga dusun Pangkalan Buntu Atas desa Simpang Raya Kecamatan Panei Kabupaten Simalungun Provinsi Sumatera Utara. akibatnya situasi desa memanas. Selasa (23/7).

Sumber mengatakan, awalnya wanita IM mengalami kerasukan arwah leluhurnya yang kemudian pihak keluarga dan beberapa warga disitu memanggil orang pintar (dukun ahli kebatinan) dari wilayah Simodong Kecamatan Sidamanik Kabupaten Simalungun, untuk mengobati IM.

Kemudian, tidak jelas apa penyebab dan siapa yang memulai yang menyebabkan pihak keluarga IM ingin memeriksa rumah MM, karena di duga menyimpan alat alat gaib yang berkaitan dengan begu ganjang. Serta merta suasana desa itu memanas.

Membaca gelagat warga yang mulai terpicu isu dan tidak ingin terjadi petaka dari aksi massa yang membabi buta karena tersulut emosi ingin menghakimi MM, pukul 13.30 Wib, kepala desa Simpang Raya Josbin Tambunan melaporkan situasi desanya ke kantor kecamatan.

Perlu diketahui sebelumnya, di beberapa daerah di Kabupaten Simalungun sudah pernah terjadi aksi hakim massa terhadap keluarga yang dituding memelihara begu ganjang yang konon ceritanya begu ganjang ini penyebab penyakit hingga dapat mematikan seseorang yang dikehendaki pemiliknya.

Mendapat laporan gawat darurat ini, camat Panei, Ir. Sumihar Situmorang langsung berkoordinasi dengan pihak Polsek Pane Tongah dan Koramil 16/Pane Tongah untuk memediasi terkait peristiwa kasus tuduhan memelihara begu ganjang ini.

Isu merebak dan situasi memanas. Pukul 15.45 pihak keluarga IM pergi untuk menggeledah rumah MM yang di duga menyimpan alat alat mistis untuk begu ganjang, namun pukul 16 45 Wib pihak keluarga IM kembali ke rumah meski warga belum puas pada penggeledahan rumah MM yang di tuduh memelihara begu ganjang. ungkap sumber

Kejadian ini diketahui pihak Polres Simalungun dengan hadirnya Kasat Intelkam AKP Gering Damanik SH beserta jajaran pada pukul 17.30 Wib di daerah itu didampingi Kapolsek Pane Tongah IPTU Juni Hendrianto dan beberapa jajaran serta Kapolsek Sidamanik IPTU H. Marpaung, untuk meredam aksi massa serta memediasi peristiwa ini.

Akhirnya situasi mereda menyusul arahan dan nasehat AKP Gering Damanik yang mengajak warga khususnya keluarga IM dan yang terkait untuk tidak percaya pada hal hal seperti begu ganjang. Mari dekatkan diri pada Tuhan. Ajak Gering.

Senada Kapolsek Sidamanik IPTU H Marpaung yang juga mengajak warga dan keluarga IM dan MM untuk lebih mendekatkan diri pada Tuhan.

Meski situasi sudah terkendali dan warga sudah kembali ke rumah masing masing, namun kepala desa Simpang Raya Josbin Tambunan, masih berharap kepada pihak kepolisian dan yang lainnya untuk melakukan pertemuan kembali guna melakukan penyuluhan kepada warga agar tidak mudah terprovokasi. Harapnya. (wd-bay) *

Tags : isukesurupansimalungun