close
Sosial Budaya

Habis santap hidangan hajatan, ratusan orang keracunan

keracunan makanan

Pemalang, Wartadesa. – 112 orang harus menjalani rawat jalan, dan 11 orang harus menjalani perawatan di dua rumah sakit akibat keracunan usai menyantap hidangan hajatan di Desa Karangsari, Kecamatan Pulosari, Kabupaten Pemalang, Kamis (05/12).

Hajatan yang digelar pada Senin (02/12) oleh S warga Rt. 27/04  Desa Karangsari tersebut, diduga 123 orang mengalami keracunan makanan. Pihak Dinas Kesehatan setempat, saat ini sedang meneliti sampel makanan dalam hajatan tersebut, untuk memastikan sumber keracunan warga.

Warga mengalami keracunan sejak Senin hingga Kamis, sebanyak 112 orang menjalani rawat jalan, dan 11 orang harus menginap di rumah sakit, terdiri dari 6 orang dirawat inap di RSI Moga dan 5 orang menjalani perwatan di RS Roza Asyifa Moga.

Data warga yang menjalani rawat inap. Foto: Headline News Pemalang

Dugaan keracunan muncul setelah mayoritas warga yang dilarikan ke rumah sakit mengalami   perut mual-mual, pusing, muntah dan diare usai menyantap makanan pesta hajatan.

Untuk mengantisipasi bertambahnya korban, pihak desa setempat melakukan pendataan lanjutan. “Kita masih melakukan pendataan dengan menyusuri desa-desa, kemungkinan bisa bertambah,” kata Camat Pulosari, Ahmady Setiawan Widatmojo.

Ahmady menambahkan, pihaknya sudah berkoordinasi dengan pemerintah desa setempat untuk membuka posko. “Kita masih koordinasi dengan pemerintah desa dan Puskesmas untuk membuka posko di balai desa untuk rawat jalan. Ini juga sekaligus untuk merujuk atau mengirim korban ke rumah sakit jika memang ada yang harus rawat inap,” jelasnya. (Eky Diantara/Eva Abdullah)

Tags : hajatankeracunan makananpemalangpulosari