close
Hukum & Kriminal

Hati-hati penipuan promo HP premium dengan harga murah

penipuan

Pemalang, Wartadesa. – Lemes dan lunglai M  (23), warga Dukuh Jurang Jero, Desa Badak, Kecamatan Belik, Kabupaten Pemalang.  Bagaimana tidak, awalnya berharap mendapatkan promo ponsel premium dengan harga murah, namun yang didapatkannya tertipu hingga Rp. 3 juta.

Kepada kontributor Warta Desa, M  menceritakan kronologi kejadian penipuan tersebut.  Awalnya ia tergiur oleh postingan akun Facebook temannya (yang belakangan diketahui akun tersebut telah diretas/crack) yang menawarkan ponsel Oppo F11 Pro seharga Rp. 600 ribu (harga di pasar online sekitar Rp. 3,5 juta).

Melihat postingan tesebut, M  tertarik dan mengikuti langkah-langkah yang ada dalam postingan tersebut. M  menghubungi monor ponsel yang tertera. Modus yang dilakukan penipu yakni meminta transfer pulsa maupun tunai ke nomor rekening BRI 0053-01-012306-53-4 atas nama Reporman Nababan.

M  saat itu mengikuti apa saja yang diperintahkan oleh pelaku, demi mendapatkan ponsel dengan harga murah. Mulai dari transfer pulsa tiga kali Rp. 200 ribu dengan dalih regristrasi, kode verifikasi, ongkos kirim, sampai asuransi yang terus dilakukan oleh korban, hingga total kerugian mencapai Rp. 3 juta.

bukti transfer pulsa ke nomor pelaku

Untuk meyakinkan korban, pelaku, Reporman Nababan mengirimkan foto-foto bukti pengiriman ponsel melalui JNE, namun ponsel tak kunjung dikirimkan juga.

Sadar bahwa dirinya mengalami penipuan, M  kemudian menghubungi pemilik akun Facebook yang memposting promo ponsel tesebut, didapati jawaban bahwa akun tersebut sudah satu minggu diretas (crack). “Untuk korban belum diketahui apakah ada lagi selain mba M. Semoga tidak ada lagi korban lainya, apalagi itu pake akun Facebook saya. Tapi saya sudah klarifikasi di Facebook kalau semua yang berada diupdate (postingan) Facebook miliknya itu semua penipuan dan bukan saya yang melakukan, karena akun saya seminggu yang lalu sudah berhasil diretas oleh pelaku dan saya tidak bisa apa apalagi,” Tutur Waliyah, rekan korban saat dikonfirmasi.

Waliyah menambahkan, saya cuma berharap teman-teman jangan mudah percaya dan segera membagikan postingan tersebut. “Klarifikasi dari saya kalau akun tersebut sudah dicuri dan jangan percaya apabila ada pesan masuk atau lainya dengan akun tersebut,” pungkas Waliyah. ( Imam Sholeh )

Tags : oppo f11 propemalangpenipuan