close
Politik

Indikasi lakukan politik uang, kades terpilih tak dilantik

sosial media

Tirto, Wartadesa. – Pelaksanaan Pilkades bermartabat tanpa politik uang kembali dilontarkan orang nomor satu di Kota Sego Megono, Pekalongan. Asip Kholbihi mengungkapkan, Jum’at (18/10) lalu di Tirto bahwa calon Kepala Desa, P2KD dan penyelenggara agar melaksanakan kesepatakan  menjaga keamanan dan ketertiban serta menghindari politik uang atau membeli suara baik langsung maupun tidak langsung.

Menurut Asip, kesepakatan dalam pakta integritas yang digelar di Tirto dalam pengarahan kepada calon kepala desa se Kabupaten Pekalongan tersebut akan diterapkan untuk seluruh Kabupaten Pekalongan.

Asip menegaskan bahwa calon kepala desa terpilih yang terbukti melanggar kesepakatan, harus bersedia untuk tidak dilantik, “komitmen ini sudah kami berikan kepada seluruh calon kepala desa yang ada di Kabupaten Pekalongan,” tuturnya.

Dengan penandatangan pakta integritas ini, lanjut Asip,  dirinya akan mencoba mewujudkan tatanan demokrasi di desa, sehingga para pemimpin yang terpilih bukan karena uangnya banyak. “akan tetapi mereka terpilih karena elektabilitas dan kapabilitasnya yang memadahi sehingga dipercaya oleh untuk memimpin desa,” pungkasnya. (Eva Abdullah)

Tags : PekalonganPilkadespolitik uang