close
Politik

Ingin Simalungun sejahtera dan mandiri, Tumbur Napitupulu diskusi dengan Rektor USI

sowan

Simalungun, Wartadesa. – Bakal Calon (balon) Bupati Simalungun Tumbur Napitupulu, sowan untuk berdiskusi dengan Rektor Universitas Simalungun (USI) di ruang rektorat jalan Sisingamangaraja Barat, Bah Kapul Kecamatan Siantar Sitalasari kota Pematang Siantar Provinsi Sumatera Utara, Senin (28/10) pukul 13.00 Wib.

Kedatangan Tumbur ke kampus ini di sambut hangat Rektor Dr. Corry Purba MSi beserta wakil rektor II Ir.Warlinson Girsang MP dan wakil rektor III Dr.Elpina SH.MH
Tumbur bertujuan membangun dan memajukan Kabupaten Simalungun, sehingga dianggap penting melakukan penggalian informasi dan data terkait situasi dan kondisi masyarakat Kabupaten Simalungun sebagai persiapan awal menuju Simalungun 1.

“Kita ingin mengetahui di mana dan apa persoalan atau hambatan kemajuan pembangunan di tengah tengah masyarakat. Pihak akademisi banyak mengetahui dan memahami hal ini. Maka kita berdiskusi serta meminta saran dari ibu Rektor dan jajarannya sebagai bahan yang kemudian menjadi daftar di program kerja kelak. Sebut Tumbur kepada Wartadesa.

Hal yang sama dikatakan Rektor USI Corry Purba, “kita mengucapkan terima kasih atas kunjungan Pak Tumbur. Kelak bila di percaya masyarakat untuk memimpin Kabupaten Simalungun, semua informasi dan data yang kita paparkan tentang situasi dan kondisi wilayah maupun masyarakat Kabupaten Simalungun bisa jadi daftar program kerja kelak. sebut Corry.

Seperti pendidikan di daerah pedesaan, kata Corry lagi. Ini penting diperhatikan. Pemberian bea siswa kepada peserta didik berprestasi namun tersandung masalah kemampuan materi untuk pendidikan. Bila itu dapat dilaksanakan, otomatis SDM di Kabupaten ini meningkat.

“Kemudian masalah kesehatan. Kita baru mendapat informasi ternyata problem stunting (kurang gizi) di Kabupaten Simalungun tinggi. Itu di sekitaran daerah Sidamanik ke atas, di Tigaras.Ungkap Corry.

Kelak Pak Tumbur bisa perintahkan Dinas Kesehatan untuk meningkatkan perhatian, mengatasi atau menekan angka stunting di wilayah ini. Katanya lagi.

Selain itu, kita sarankan untuk peningkatan sarana prasarana (infrastruktur) di wilayah pedesaan yang secara otomatis membantu dalam hal transportasi hasil pertanian. Sehingga beban biaya yang di tanggung petani dapat ditekan.

Tumbur Napitupulu sangat serius mendengar paparan dan saran dari Rektor. Terima kasih ibu, semoga saran yang saya terima ini kelak akan kita realisasi untuk kemajuan Kabupaten Simalungun. Ujar pria alumnus Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia ini. (wd-bay) *

Tags : simalungunUSI