close
BencanaSosial Budaya

Pembersihan material longsor di Lolong butuh 2-3 hari

longsor lebakbarang

Karanganyar, Wartadesa. – Pembersihan (evakuasi) material longsor dan pohon tumbang yang menutup akses jalan Lebakbarang-Karanganyar di wilayah Lolong hingga sore ini masih berlangsung. Menurut petugas Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Pekalongan, diperkirakan evakuasi akan selesai dua hingga tiga hari kedepan.

Dari pantauan di lapangan, Selasa (09/01), pihak DPU dengan menggunakan alat berat Beko melakukan penyisiran dan pembersihan material longsor dan pohon tumbang.

Baca: Longsor Lebakbarang, Evakuasi Material Dilanjutkan Pagi Ini

Alat berat sempat menarik mobil L300 milik warga yang melewati ruas jalan tersebut, terperosok ke sisi jalan raya. Operator alat berat dengan sigap menarik mobil tersebut agar ruas jalan bisa dilewati oleh pengguna jalan yang menggunakan motor.

Kecepatan tindakan yang dilakukan oleh DPU dan relawan lainnya diapresiasi oleh warga, Suwandi (38), warga Lolong mengungkapkan “DPU Kabupaten Pekalongan bertindak cepat dalam penanganan longsor, karena jalan ini adalah akses utama masyarakat Kecamatan Lebakbarang. Jalan ini menghubungkan Kecamatan Lebakbarang dengan kecamatan karanganyar, dan juga akan terhubung dengan kecamatan Petungkriyono yang masih dalam proses pengerjaan.” ujarnya kepada pewarta Wartadesa.

Seperti diberitakan Wartadesa kemarin, longsor dan sejumlah pohon tumbang menutup akses jalan yang menghubungkan Lebakbarang-Karanganyar, akibat hujan yang terjadi pada Ahad (07/01) sore hingga malam di Desa Lolong (wartadesa menulis Mendolo–revisi).

Sejak Pukul 21.00-23.00 WIB warga dibantu oleh pihak Muspika setempat dan relawan bahu-membahu, bergotong-royong membersihkan material longsor. Kemudian dilanjutkan keesokan harinya hingga sore hari. (Budi Rahayu Setiawan)

Terkait
Longsor di Petungkriyono dan Lebakbarang, akses jalan terputus

Petungkriyono, Wartadesa. - Hujan lebat yang mengguyur wilayah atas Kabupaten Pekalongan menyebabkan longsor di ruas jalan Kasimpar-Yosorejo Petungkriyono dan jalan Read more

Ruas Krandegan-Mendolo amblas 30 cm, Lolong tertutup longsor susulan

Lebakbarang, Wartadesa. - Ruas jalan Karanganyar-Lebakbarang di Dukuh Krandegan Desa Mendolo Kecamatan Lebakbarang Kabupaten Pekalongan ambles sedalam 30 centimeter, mengakibatkan Read more

Kembali longsor, Jalan Raya Karanganyar-Lebakbarang tertimbun

Lolong, Wartadesa. - Bencana longsor kembali terjadi di Jalan Raya Karanganyar-Lebakbarang Kabupaten Pekalongan, Kamis, (15/02) sekitar pukul 17.00 WIB. Longsor Read more

Tiga titik longsor di Lebakbarang, akses warga tertutup

Lebakbarang, Wartadesa. - Hujan deras dan kondisi tanah labil di wilayah Lebakbarang Kabupaten Pekalongan membuat wilayah tersebut kembali mengalami longsor. Read more

Tags : longsor lebakbaranglongsor lolong