close
Sosial Budaya

10 hari Poskor Muhammadiyah, buka 29 DU dan salurkan 1/4 miliar

poskor

Wiradesa, Wartadesa. – Pos Koordinasi (Poskor) Muhammadiyah bencana banjir Pekalongan selama kurun sepuluh hari sejak tanggal 7-17 Pebruari 2021 telah melayani 29 dapur umum (DU) dan menyalurkan barang maupun uang senilai Rp 250 juta. Demikian disampaikan oleh Helman Qomari, mewakili Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kabupaten Pekalongan, dalam konferensi pers di Madrasah Diniyah al Wustho Pencongan, Wiradesa, Kamis (18/02) lalu.

Menurut Helman, Muhammadiyah melakukan tanggap banjir yang dibingkai dalam One Muhammadiyah One Response (OMOR) melalui satu pintu yaitu Muhammadiyah.

Semua sumber daya, baik dana, logistik, sarana prasarana, dan tenaga (manusia – relawan) menggunakan nama Muhammadiyah, yang dalam hal ini dikomandoi oleh Lembaga Penanggulangan Bencana – Muhammadiyah Disaster Management Centre (LPB – MDMC) dan Lembaga Amil Zakat Infak dan Shodaqoh Muhammadiyah (LAZISMU).

LPB – MDMC memimpin tindakan di lapangan, yakni terkait suplai logistik, tindakan evakuasi, penampungan pengungsi, hingga program layanan langsung terhadap penyintas banjir dalam bentuk pemeriksaan kesehatan. Lazismu berperan sebagai lembaga penggalang dana, baik yang bersifat internal dari warga dan Amal Usaha Muhammadiyah (AUM), maupun eksternal dari seluruh komponen masyarakat. Ujar Helman.

“Saat ini Poskor Muhammadiyah, membuka 29 dapur umum (DU) dengan jumlah warga yang dilayani 72.277 jiwa, sejak tanggal 7 – 17 Februari tanggap banjir. Logistik yang dikirim ke DU tersebut diantaranya adalah beras, minyak goreng, telur, sayuran, bumbu masak, makanan anak-anak, pampers, obat-obatan, pembalut, dan air minum,” Helman melanjutkan.

Total donasi yang terkumpun mencapai Rp 250 juta. “Total penerimaan donasi, baik berupa uang maupun barang, dan yang sudah disalurkan melalui DU-DU tersebut mencapai 1/4 milyar rupiah,” pungkas Helman. (Bono)

 

Terkait
Yayasan Setia Pejuang Pantura Salurkan Bantuan Kepada Warga Terdampak Covid-19

Kab Pekalongan, Wartadesa. - Masih adanya Virus Covid – 19 dan disertai cuaca ekstrim beberapa hari yang lalu di wilayah Read more

Aaf prioritaskan penanganan banjir dan rob, Agung benahi infrastruktur

Program 100 hari Pekalongan, Wartadesa. - Afzan Arslan Djunaid (Aaf)-Salahudin, Walikota dan Wakil Walikota Pekalongan memasukkan penanganan banjir dan rob Read more

WarungMu gratis hari ini dibuka

Kajen, Wartadesa. - Pimpinan Daerah Muhammadiyah dan Aisyiyah Kabupaten Pekalongan hari ini, Jum'at (26/02) akan membuka warung gratis untuk dhuafa, Read more

3.700 warga Kabupaten Pekalongan dan 2.351 warga Kota Pekalongan masih bertahan di pengungsian

Pekalongan, Wartadesa. - Sedikitnya 3.700 warga terdampak banjir di Kabupaten Pekalongan dan 2.351 warga Kota Pekalongan masih bertahan di beberapa Read more

Tags : berita pekalonganposkor muhammadiyah