close
Sosial Budaya

Tanggul dibongkar sementara untuk alirkan banjir

asip

Wonokerto, Wartadesa. – Genangan air banjir yang berada di sisi Selatan tanggul raksasa tidak bisa mengalir ke sisi Utara. Untuk menanggulangi hal tersebut beberapa tanggul dibongkar agar air bisa mengalir ke sungai. Demikian disampaikan oleh Taj Yasin, Wakil Gubernur Jawa Tengah yang meninjau lokasi banjir di Desa Pesanggrahan, Wonokerto, Kamis (18/02) kemarin.

“Sekarang ada beberapa tanggul yang kita bongkar dulu biar air ke sungai karena disini datarannya lebih tinggi sebenarnya, tinggal kita nanti perbesar pompanya,” ujar Gus Taj Yasin.

Menurut orang nomor dua di Jateng, penanganan rob yang dikeluhkan warga telah selesai, namun ternyata penanggulanagan rob berdampak banjir. Hal tersebut diperlukan pompa penyedot air.

“ Penanggulangan rob sudah selesai ternyata penanggulangan rob itu dampaknya dengan banjir sehingga kita memang masih ada tahap pembangunan untuk pembuangan air. Jadi nanti ada penyedotan air untuk dibuang ke laut, “ lanjut Taj Yasin.
Menurut Taj Yasin, pihaknya telah berkoordinasi dengan Pemkab Pekalongan untuk mengebut pengerjaan penanggulangan banjir di Kota Santri.
Sementara itu, Asip Kholbihi, Bupati Pekalongan menjelaskan jumlah pompa ideal yang dibutuhkan untuk penganganan banjir di Kabupaten Pekalongan. “Dulu tanggul ini tujuan utamanya menyelesaikan rob. Alhamdulilah sudah selesai. Kemudian yang banjir ini akan kita evaluasi nanti keberadaan tanggul supaya bisa mengurangi banjir yang ada di pemukiman, “tandas Bupati.
Namun secara prinsip, menurut Bupati pemerintah sudah mengetahui anatomi persoalan banjir yang ada di Kabupaten Pekalongan, tinggal treatment kedepan yang akan diusahakan terus. (Bono)
Terkait
Yayasan Setia Pejuang Pantura Salurkan Bantuan Kepada Warga Terdampak Covid-19

Kab Pekalongan, Wartadesa. - Masih adanya Virus Covid – 19 dan disertai cuaca ekstrim beberapa hari yang lalu di wilayah Read more

Aaf prioritaskan penanganan banjir dan rob, Agung benahi infrastruktur

Program 100 hari Pekalongan, Wartadesa. - Afzan Arslan Djunaid (Aaf)-Salahudin, Walikota dan Wakil Walikota Pekalongan memasukkan penanganan banjir dan rob Read more

WarungMu gratis hari ini dibuka

Kajen, Wartadesa. - Pimpinan Daerah Muhammadiyah dan Aisyiyah Kabupaten Pekalongan hari ini, Jum'at (26/02) akan membuka warung gratis untuk dhuafa, Read more

3.700 warga Kabupaten Pekalongan dan 2.351 warga Kota Pekalongan masih bertahan di pengungsian

Pekalongan, Wartadesa. - Sedikitnya 3.700 warga terdampak banjir di Kabupaten Pekalongan dan 2.351 warga Kota Pekalongan masih bertahan di beberapa Read more

Tags : berita pekalongantanggul banjir