close
aurora_pekalongan kita1
Fenomena cahaya hijau di langit, diduga aurora. Foto: Pekalongan Kita

Sragi, Wartadesa. – Sebuah fenomena alam yang jarang ditemukan, berupa pancaran cahaya hijau di langit yang diunggah laman media sosial Pekalongan Kita, membuat warganet Pekalongan heboh. Pancaran cahaya tersebut dianggap sebagai aurora.

Fenomena diduga aurora. Foto: Pekalongan Kita

Aurora merupakan fenomena alam di langit berupa kilatan cahaya di langit akibat dari reaksi antara medan magnet Bumi dengan radiasi dari luar angkasa. Kilatan cahaya yang indah dapat dilihat dari jauh, seperti pertunjukan cahaya di langit.

Aurora dapat terlihat dengan jelas di beberapa negara belahan Planet Bumi bagian Utara dan Selatan. Namun menurut para ahli fenomena aurora di Indonesia tersebut sulit untuk ditemukan.

Foto yang diunggah laman Pekalongan Kita pada Rabu (05/12) pukul 20.18 WIB ini ditanggapi oleh 432 warganet, dan dibagikan sebanyak 142 kali. Postingan ini mendapat tanggapan yang beragam.

Yuda, mengungkapkan bahwa fenomena tersebut pernah muncul di Jogja saat gempa beberapa tahun silam. “Pernah terjadi gempa di jogja saat org melihat cahaya langit hijau. mugo pekalongan tetep tenang #OjonggeLelucon,” tulisnya.

Khudzil Al Khudz mengungkapkan ketakjubannya, “Mantap aurora ono ng indonesia” tulisnya dalam komentar.

Hal yang sama diungkapkan oleh Nyoman Novi Yanii,  “Seperti Aurora 😍😍 Pengen liat,” tuturnya dalam komentar.

Fenomena diduga aurura ini tidak hanya terlihat di langit Pekalongan, warganet asal Pemalang, Lina Lestari mengungkapkan bahwa aurora terlihat di Pantai Widuri Pemalang.

“JAM 10 lebih, masih terlihat jelas, dari pantai boum panjang., Sayang hape jadul gak bisa memfoto gan…” tulis Zacky Ahmad.

Ditimpali dengan komentar Linna Lestari, “Dipantai widuri Pemalang juga td sperti itu.” Tulisnya.

Fenomena aurora pernah terjadi di Jogja pada 2013 lalu. Dilansir dari laman kaskus, akun hpradityo menulis.

Daerah JOGJA ada yang lihat SINAR HIJAU di langit ngak? Langsung aja gan, tadi kan ane lagi nonton X Factor tiba2 ada angen kenceng trus mati lampu tepatnya sekitar jam 22:34. pas mati lampu gak sengaja ane lihat genteng rumah ane yang terbuat dari kaca, jadi bisa lihat luar, tiba2 ada sinar HIJAU yang menyala terang beberapa detik, habis itu turun hujan, ane yakin deh gan itu bukan sinar petir.

buat kaskuser yang juga ada di jogja, yang mungkin juga ngelihat apa yang ane lihat, tolong share donk,, terus terang ane penasaran, dan masih deg deg an sampai sekarang.
nih listrik baru nyala gan, pas ane bisa bikin ni trit darurat buat ngilangin rasa penasaran ane. (WD)
Tags : auroraaurora di pekalonganfenomena alam