close
Politik

Bawaslu akan tertibkan APK yang masih tercecer

apk
ilustrasi

Kajen, Wartadesa. – Bawaslu Kabupaten Pekalongan akan menertibkan alat peraga kampanye (APK) yang masih tercecer. Menurut Mohammad Bahrizal, anggota Bawaslu setempat mengungkapkan bahwa pihaknya akan memerintahkan Pengawas Kecamatan (Panwascam) untuk menertibkan adanya APK yang diduga menyalahi aturan.

“Ya terimakasih informasinya. Masih dalam tahapan penertiban pak, mungkin memang ada yang kelewat (belum diturunkan), atau mungkin APKbaru (sehingga belum diturunkan),” ujar Bahrizal, Sabtu (27/10) ketika dikonfirmasi terkait laporan warga, masih adanya APK yang terpasang di beberapa titik di wilayah Kecamatan Kedungwuni.

BacaPuluhan APK Parpol dan Caleg ditertibkan

Bahrizal menambahkan bahwa pihak Bawaslu akan secepatnya menertibkan APK tersebut, “Secepatnya pak, akan ditertibkan,” lanjutnya.

Menurut Bahrizal, pihaknya akan melakukan breakdown anggota PPD (pengawas tingkat desa) melalui Panwascam untuk menginventarisir wilayah mana saja yang masih ada APK yang menyalahi aturan dan belum diturunkan.

“Kami akan menggandeng Kasi Trantib Satpol PP Kabupaten Pekalongan, untuk segera menurunkan APK yang menyalahi aturan,” tutur Bahrizal.

Seperti diberitakan sebelumnya, sebanyak 81 APK parpol dan calon legislatif (caleg) peserta pemilu di sepanjang jalur Wiradesa-Kajen, Kabupaten Pekalongan, ditertibkan Satpol PP dan Bawaslu, kemarin. Penertiban baliho dan spanduk ini dilakukan lantaran tidak sesuai dengan aturan yang berlaku. Diperkirakan, masih ada lagi ratusan APK caleg maupun parpol yang melanggar aturan yang belum ditertibkan.

Koordinator Divisi Hukum dan Data Informasi Bawaslu Kabupaten Pekalongan, Wahyudi Sutrisno mengatakan, untuk saat ini 81 APK atau alat peraga kampanye yang melanggar aturan berhasil diturunkan. Penertiban tahap pertama ini dilakukan Bawaslu bersama Satpol PP di sepanjang Jalan Raya Wiradesa – Kajen. (WD)

Tags : apk

Leave a Response