close
Jalan-jalanLingkungan

PekaOwa gelar pameran fotografi Owa Jawa

pameran foto owa jawa
Pengunjung antusias menikmati pameran foto Owa Jawa. Foto: swaraowa

Pekalongan Kota, Wartadesa. – Memperingati International Gibbon Day, komunitas PekaOwa menggelar pameran foto Owa Jawa. Pamaran ini dihelat oleh IUCN Gibbon Specialist Group (swaraowa) Kota Pekalongan bekerjasama dengan komunitas PekaOwa, Sabtu (27/10) di Taman Hortikultura Yosorejo Pekalongan. Selain pameran foto, juga digelar pentas Budaya dan Parade Juang, 90 tahun Sumpah Pemuda.

Menurut Ubaidillah, pria yang lebih dikenal dengan panggilan Obed, dari komunitas PekaOwa, acara muncul spontan saja. “Acaranya muncul spontan usai ngobrol-ngobrol dalam diskusi singkat dengan Anjar Prasojo peserta MSP (Metode Survey Primata) 2018. Diskusi singkat akhirnya kita merencanakan pameran foto untuk tujuan mengenalkan kepada publik tentang spesies dan perlindungan habitat (Owa Jawa) aslinya.” Ujarnya.

Obed dan Anjar yang mempunyai hobi sama yakni fotografi alam liar, mereka mempunyai foto-foto keanekaragaman hayati yang di dapat di hutan Petungkriyono pun menggelar pameran bertajuk “Mereka adalah Milik Kita”.

Obed menambahkan, pameran dihelat untuk mengenalkan kepada masyarakat luas, bahwa Pekalongan mempunyai primata yang unik. Mereka kini berada di Pekalongan sisi Selantan-Timur, hutan alam dari ketinggian 250 – 1900 mdpl. Primata berupa Owa, Lutung, Rekrekan dan Monyet Ekorpanjang, mewakili taxa yang hidup dan berkembang di antara tingginya aktivitas manusia di wilayah tersebut. Mereka bertahan dan bertahan,juga mengalami ancaman.

Spesies-spesies istimewa ini juga punya peran penting, membantu regenerasi hutan alam, penyebar biji, sumber ilmu pengetahuan, sebagai identitas daerah diantara pergaulan global. Foto-foto ini adalah sebagian yang ada di hutan Pekalongan, hutan sebagai habitat, mutlak harus ada untuk mereka, para primata-bukan manusia. mereka butuh kanopi pohon untuk berayun, mereka butuh tempat bernaung dan ruang.Hutan tempat mereka hidup adalah sumber segala sumber kehidupan, air, udara, pemandangan indah, sudah setiap hari kita nikmati, mereka para primata adalah milik kita, menjaga mereka tetap hidup di belantara adalah kewajiban kita. Lanjut Obed.

Pameran foto yang ditujukan untuk  mendorong pegiat-pegiat fotografi, khususnya generasi muda dari wilayah sekitar habitat Owa agar tampil didepan menyuarakan Owa Jawa yang hidup liar dalam habitat aslinya. Foto-foto yang digelar merupakan hasil dari fotografi penggiat Owa dari Pekalongan.  “Acara pameran foto ini  juga merupakan bagian dari kegiatan Kopi dan Konservasi 2018.” Pungkas Obed. (WD. Foto: swaraowa)

Tags : owaowa jawa