close
Ekonomi

Berawal dari jualan nasi goreng dengan pikulan dan resep ala Tionghoa

pikulan
ilustrasi
  • Kampung Nasi Goreng Jrakah Pemalang

Pemalang, Wartadesa. – Lebih dari 80 persen laki-laki warga Desa Jrakah, Kecamatan Taman, Pemalang kini berprofesi sebagai pedagang nasi goreng. Pantas saja, kalau beberapa waktu lalu Monumen Nasi Goreng dibangun swadaya dan diresmikan oleh bupati setempat.

Kuliner nasi goreng Jrakah berawal dari mbah Ramidi dan mbah Rawen. Keduanya berkeliling jualan nasi goreng dengan pikulan sejak tahun 1967. Mereka berkeliling kampung 5-10 kilometer. Demikian penuturan Yanto, salah seorang pedagang nasi goreng asal Jrakah.

Nasi goreng Jrakah menjadi sangat terkenal lantaran menggunakan resep ala Tionghoa. Menurut Sudiro, tokoh warga setempat, resep nasi goreng Jrakah merupakan resep dari seorang pedagang Tionghoa. Menurutnya, ada warga desa Jrakah yang pada zaman kolonial Belanda bekerja pada pedagang Tionghoa. Resep nasi goreng yang digunakan saat ini merupakan resep turun temurun dari resep pedagang Tionghoa tersebut.

”Resepnya itu diperoleh dari sejak zaman kolonial Belanda ketika ada warga Desa Jrakah yang bekerja ke seorang pedagang Tionghoa, resep ini yang membuat nasi goreng Jrakah menjadi berkembang dan maju,”ujar Sudiro.

Berawal dari dua orang yang berjualan dengan pikulan tersebut. Kini pedagang nasi goreng Jrakah dapat dijumpai di kota-kota besar Indonesia seperti Jakarta, Surabaya, Semarang dan Medan. Menurut penuturan warga, hampir seluruh pelosok nusantara ada pedagang nasi goreng dari Desa Jrakah.

Profesi ini yang menjadikan ekonomi warga setempat sejahtera.  Banyak pedagang yang sudah memiliki rumah bertingkat dan mobil serta mampu menyekolahkan anak-anak mereka ke jenjang yang tinggi. Lembaga-lembaga keuangan pun banyak yang menaruh kepercayaan pembiayaan usaha ke warga desa tersebut. Apalagi untuk berdagang nasi goreng membutuhkan modal paling sedikit Rp 15 juta untuk satu gerobak komplit. (Eva Abdullah)

Terkait
Penjaga pasar malam ditemukan meninggal

Pemalang, Wartadesa. - Supangat Hadi Suryo (47) warga Desa Klampok, Kecamatan Wanaari, Brebes ditemukan meninggal di area pasar malam Desa Read more

Diduga Tersangkut Kasus Penipuan dan Penggelapan, Kadin Perkim Pemalang Ditangkap

Pemalang, Wartadesa. - Kepala Dinas Permukiman (Perkim) Kabupaten Pemalang, Mugiyatno ditangkap Satreskrim Polres Pemalang, Ahad (30/05) dinihari. Diduga penangkapannya terkait Read more

Tren harian pemudik meningkat, namun terminal bus sepi

Pekalongan, Wartadesa. - Meski kondisi di stasiun dan terminal masih sepi. Namun tren kenaikan harian pemudik yang tiba di Pekalongan Read more

Beroperasi saat Ramadan, tiga PSK terjaring razia

Pemalang, Wartadesa. - Empat lelaki dan tiga orang perempuan yang diduga berprofesi sebagai penjaja seks komersial diamankan oleh Satpol PP Read more

Tags : nasi goreng jrakahpemalangpikulan