close
Hukum & KriminalLingkungan

Didatangi puluhan warga, sosialisasi galian C Desa Wisnu dibatalkan

demo tambang

Pemalang, Wartadesa. – Duh …. Gara-gara didatangi 50 orang warga Desa Wisnu, Kecamatan Watukumpul, Kabupaten Pemalang, sosialisasi kegiatan galian C oleh PT Asa Sukses Amanah di balai desa setempat, Kamis (14/02) ditunda.

Puluhan orang yang datang merupakan warga yang tidak diundang untuk mengikuti sosialisasi. “Justru sebaliknya, sekitar 50 orang laki laki dan perempuan yang tidak diundang datang dan berkerumun di depan Balai Desa Wisnu” ujar Kapolsek, Iptu M. Subagio.

Baca Warga Bentangkan Spanduk Penolakan Tambang Galian C Desa Wisnu 

Sosialisasi yang rencananya akan dilangungkan pukul 09.00 WIB tersebut hingga pukul 11.15 WIB tidak juga dihadiri oleh undangan. Ketua RT yang diundang tak satupun datang, hingga akhirnya kegiatan dibatalkan.

“Untuk mengantisipasi terjadinya gangguan kamtibmas, Polsek Watukumpul telah menurunkan 10 anggota dibantu 4 anggota Koramil dan 5 anggota Satpol PP untuk mengamankan kegiatan tersebut” lanjut Subagio.

Menurut Subagio undangan sosialisasi PT ASA tersebut merupakan kali ketiga, namun acara tersebut berubah menjadi ajang demo warga. Memang sosialisasi penambangan sudah ketiga kalinya dilakukan dan pelaksanaan yang terdahulu juga berubah menjadi aksi penyampaian pendapat atau demo warga yang menolak penambangan” jelasnya

Atas kejadian tersebut, lalu Kapolsek memberikan saran serta masukan kepada dinas lingkungan hidup /ESDM Pemkab Pemalang dan PT Asa Sukses Amanah untuk menunda pelaksanaan sosialisasi.

“Dengan dilatar belakangi banyaknya masa yang tidak diundang, diharapkan pihak ESDM Kabupaten Pemalang dan PT Asa Sukses Amanah dapat menunda kembali rencana kegiatan sosialisasi di Balai Desa Wisnu” saran Kapolsek.

Seperti diketahui, warga Desa Wisnu dan Walhi Jawa Tengah menolak rencana tambang galian C oleh PT ASA karena dinilai merusak lingkungan. (WD)

Tags : galian Cgalian c Desa Wisnu ditolakTambang galian C