close
Layanan Publik

Forum Buruh Pekalongan usulkan UMK Rp. 2.240 ribu

spn pekalongan
Rakor forum buruh kabupaten pekalongan terkait UMK

Kajen, Wartadesa. – Forum Buruh Kabupaten Pekalongan yang merupakan gabungan dariFSPN dan FKSPN mengusulkan upah minimum kabupaten (UMK) sebesar Rp. 2.239.993,- usulan tersebut merupakan hasil dari angka KHL (kebutuhan hidup layak) Kabupaten Pekalongan ditambah sembilan persen angka inflasi dan pertumbuhan ekonomi.

Menurut Ketua FKSPN, Turmudi, besaran anka Rp. 2,240 juta tersebut dirumuskan dalam rapat koordinasi yang digelar di Sekretariat SPN Kabupaten Pekalongan, Ahad (07/10).

Sementara, Isa Nafafi, Pengurus DPC SPN Kabupaten Pekalongan mengungkapkan bahwa rapat koordinasi yang digelar merupakan kelanjutan dari pertemuan Forum Buruh Kabupaten Pekalongan  dengan Disperindag sebelumnya.

SPN Kabupaten Pekalongan menolak kenaikan UMK tahun 2019 yang menggunakan acuan PP No 78/2015. Hal senada diungkapkan oleh Turmudi yang juga menolak besaran UMK 2019 hanya berdasarkan PP tersebut.

Menurut Hanafi, Forum Buruh Kabupaten Pekalongan mengamanatkan Dewan Pengupahan dari unsur buruh untuk memperjuangkan angka UMK tersebut.

“Angka KHL Kabupaten Pekalongan sebesar Rp 2.055.000,- sementara UMK 2018 adalah Rp 1.721.637,-.  Selain itu Forum Buruh Kabupaten Pekalongan akan melakukan audensi dengan DPRD dan Bupati Kabupaten Pekalongan untuk memperjuangkan UMK sesuai dengan KHL,” pungkas Hanafi. (WD)

Tags : khlSPNUMK