close
belajar online
Ilustrasi

Wonopringgo, Wartadesa. – Turunnya edaran dari Pemerintah Provinsi Jawa Tengah dan Pemkab Pekalongan agar seluruh sekolah melaksanakan aktivitas belajar mengarjar siswa di rumah, ditindaklanjuti pihak sekolah dengan menerapkan pembelajaran online (daring–dalam jaringan). Hal tersebut terungkap usai rapat koordinasi Kepala SMA Islam Wonopringgo dengan guru dan staff, hari ini, Senin (16/03).

“Untuk siswa di SMA Islam YMI Wonopringgo, mulai hari ini kita terapkan pembelajaran online. Hal tersebut sesuai dengan instruksi gubernur, bupati dan ketua yayasan, agar siswa belajar di rumah terkait upaya pencegahan virus Korona (Covid-19),” ujar Dodhy Harjinto, Kepala SMA Islam Wonopringgo.

Menurut Dodhy, pihaknya juga telah mengintruksikan seluruh guru dan siswa untuk memanfatkan pembelajaran online dengan mengakses web sekolah. “Untuk pembelajaran online, guru dan siswa dapat berinteraksi dengan mengakses web sekolah di http://smaisymi.sch.id  tinggal akses pembelajaran online yang ada pada web tersebut,” Lanjutnya.

Sementara itu, Mohammad Mikail Ilyasa, guru yang menjadi admin web sekolah mengatakan bahwa pihaknya sudah beberapa pekan lalu menyiapkan pembelajaran online bagi guru dan siswa.

“Sebenarnya pembelajaran online SMA Islam Wonopringgo sudah kita siapkan sejak dua pekan lalu. Eh … ndilalahe pas ada instruksi siswa belajar dirumah. Jadi sekalian kita manfaatkan web sekolah untuk belajar online,” ujar Ilyasa.

Ilyasa menambahkan, dalam pembelajaran online tersebut, sekolah menggunakan Edmodo untuk pembelajaran online. “Kita menggunakan Edmodo untuk kelas online. Jadi guru dan siswa tinggal klik tautan yang ada di web sekolah, dan mengakses link (tautan) Edmodo yang ada di dalam web tersebut,” lanjut Ilyasa.

“Sudah lebih dari 50 persen siswa mengakses Edmodo, saat ini kita memaksimalkan fungsi-fungsi yang ada untuk kegiatan belajar-mengajar. Jadi … modul materi, tugas dan lain sebagainya kita sudah menggunakan apliksi Edmodo,” pungkasnya.

Untuk memudahkan para guru dan siswa mengakses Edmodo, Ilyasa telah membuat buku panduan singkat memanfaatkan pembelajaran online dengan Edmodo. Panduan singkat tersebut dibagikan kepada seluruh guru dan siswa melalui jejaring media sosial. (Eva Abdullah)

Terkait
Hadapi era industri 4.0, YMI Wonopringgo gelar sarasehan

Wonopringgo, Wartadesa. - Yayasan Madrasah Islamiyah (YMI) Wonopringgo, Kabupaten Pekalonan akan menggelar seminar pendidikan bertajuk "Sarasehan Pendidikan sebagai upaya Yayasan Read more

Sambut Hari Santri, SMA Islam YMI langitkan 28.000 Salawat Nariyah

Wonopringgo, Wartadesa. - Pagi itu, Senin, 21 Oktober 2019, ada pemandangan yang tidak biasa di lingkungan SMA Islam YMI. Sejak Read more

SMA Islam YMI Bentuk Karakter Peserta Didik melalui Kegiatan Pramuka

Wonopringgo, Wartadesa. - Dewan Ambalan SMA Islam YMI Wonopringgo mengadakan kemah pengambilan badge ambalan Wahid Hasyim-Rabiah Al Adawiyah. Kegiatan ini Read more

Asyiknya pameran seni dalam dies natalis SMA Islam YMI ke-27

Wonopringgo, Wartadesa. - Di antara sekian unsur dies natalis SMA Islam YMI ke-27, kamis. 21 Februari 2019, satu unsur yang Read more

Tags : belajar onlinecoronacovid-19sma islam wonopringgovirus korona