close
BencanaSosial Budaya

Lilin sambar rumah, ramlan derita kerugian capai puluhan juta

kebakaran wonotunggal

Batang, Wartadesa. – Diduga akibat lupa mematikan lilin paska listrik padam, sebuah rumah milik Ramelan (65), warga Desa Wonotunggal Rt. 01/01 Kecamatan Wonotunggal Kabupaten Batang, terbakar, Kamis (11/04) pukul 23.30 WIB.

Rumah yang ditempati oleh dua keluarga (KK) tersebut sempat dikabarkan terbakar lantaran kompor njebluk (Jawa). “Kompor njebluk kompor njembluk… ” Teriak tetangga korban. Saking paniknya, tetangga korban terbangun dan berteriak minta tolong. Warga yang mendengar teriakan kebakaran tersebut segera saja berdatangan menuju rumah korban.

Warga segera menghubungi pemadam kebakaran setempat. Dua unit mobil pemadam kebakaran dikerahkan Dinas Pemadam Kebakaran dari Bandar dan Batang untuk membantu memadamkan api.

Api akhirnya dapat ditaklukkan warga dan petugas sekitar pukul 00.30 WIB, namun, tak ayal seluruh rumah beserta seluruh perabotan didalamnya ludes, termasuk satu unit sepeda motor Supra X milik korban ikut ludes terbakar.

Keterangan dari Babinsa Koramil Wonotunggal, Serma Suko Widodo, kebakaran diketahui sekitar pukul 23.00 WIB oleh anak korban bernama Daliman. Ia melihat bagian belakang rumah terbkar. Daliman langsung keluar rumah untuk menyelamatkan diri dan berteriak minta tolong.

Warga yang mendengar teriakan anak korban, langsung berhamburan datang untuk membantu memadamkan api dengan peralatan seadanya.

“Warga sekitar berdatangan untuk membantu memadamkan api dan menyelamatkan barang-barang milik korban yang bisa di selamatkan,” tutur Suko Widodo.

Dugaan penyebab kebarakan adalah lilin yang lupa dimatikan yang menyambar dinding rumah yang terbuat dari kayu dan bambu. Tidak ada korban jiwa, namun kerugian ditaksir Rp. 55 juta. (WD)

Tags : kebakaranlilin sambar rumahlistrik padamwonotunggal