close
Layanan PublikPolitik

Menginduk nyoblos di TPS jauh, warga ancam tak gunakan hak pilih

mobilisasi
  • Pemkab Sediakan Dua Mobil Mobilisasi Ke TPS Induk

Batang, Wartadesa. – Ratusan warga Dukuh Sigandul, Desa Mojotengah, Kecamatan Reban, Kabupaten Batang mengancam tidak menggunakan hak pilihknya lantaran mereka harus menginduk ke TPS yang berada di Desa Pranten, Kecamatan Bawang, Kabupaten Batang, yang jaraknya jauh.

Warga mengungkapkan bahwa sebanyak 150 warga Dukuh Sigandul Desa Mojotengah yang masuk dalam DPT (Daftar Pemilih Tetap) sepakat tidak menggunakan hak pilihnya, “Hasil rapat warga pada Senin malam (15/04), kita sepakat untuk tidak memilih jika tidak ada TPS di sini,” ungkap  Eko Fitriyanto.

Warga menyayangkan harus menginduk ke TPS yang letaknya jauh dan tidak berada di desanya. Menurut Eko, warga sudah mendapatkan undangan pemungutan suara Model C6-KPU, dalam C6 tersebut mereka terdaftar di TPS 08 Desa Pranten Kecamatan Bawang.

Sementara itu, Bupati Batang, Wihaji mengungkapkan bahwa pihaknya memfasilitasi warga Dukuh Sigandul, Desa Mojotengah, Kecamatan Reban yang mencoblos di TPS 08 Desa Pranten Kecamatan Bawang dengan dua unit mobil untuk mobilisasi warga yang akan menggunakan hak suaranya.

“Kita berusaha sebaik mungkin dengan memfasilitasi dua kendaraan mobil untuk mobilisasi warga, kalau memang mereka tidak mau menggunakan hak pilihnya, itu hak mereka kita tidak bisa memaksa,” kata Wihaji.

Sementara Camat Bawang Yarsono mengatakan, Kampung Sigandul terletak di lereng sabuk pegunungan Dieng diapit Gunung Prau dan Gunung Gondomayit, yang secara resmi telah dihapus karena berada di kawasan rawan bencana longsor. Namun warga yang semula telah dipindahkan, kini kembali menempati lahan mereka yang lama di Sigandul.

“Administrasi kependudukannya pun menjadi berubah. Semula mereka adalah warga Desa Mojotengah, Kecamatan Reban, sesuai yang tertera di KTP mereka hingga sekarang. Namun kini, meskipun menempati lokasi yang sama, mereka dimasukkan sebagai warga Dusun Bintoro Mulyo, Desa Prenten, Kecamatan Bawang”kata Yarsono. (WD)

Tags : ancam tak nyoblosBatangpilpres 2019

Leave a Response