close
Bencana

Puluhan rumah rusak akibat puting beliung di Batang akan dibantu Rp. 3 juta

angin puting beliung

Batang, Wartadesa. – Puluhan rumah rusak akibat angin puting beliung di Desa Sukorejo, Kecamatan Limpung, Kabupaten Batang, Ahad (14/04) kemarin akan mendapat bantuan sebesar Rp. 3 juta. Demikian disampaikan oleh Wakil Bupati Batang, Suyono saat mendatangi korban di Desa Sukorejo, Selasa (16/04).

Data sementara total rumah rusak di Desa Sukorejo yakni empat rumah rusak berat dan 12 rumah rusak ringan. Sementara di Dukuh Bandungan sebanyak enam rumah rusak berat dan 100 rumah rusak ringan. Meski demikian tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut.

Selain bantuan nominal Rp. 3 juta, PMI Kabupaten Batang juga memberikan bantuan berupa beras dan mi instan. Ujar Suyono.

Angin puting beliung yang menerjang Desa Sukorejo terjadi pada Ahad kemarin. Menurut warga, saat itu cuaca mendung  dan hujan lebat. “Saat kejadian cuaca mendung dan hujan lebat, tak lama kemudian angin berhembus kencang dan langsung menyapu 3 dusun di Desa Sukorejo, yaitu Dusun Kalenggangan, Bandungan, dan Kelampok,” ujarnya.

Evakuasi dan pembersihan material rumah maupun pohon yang tumbang langsung dilakukan oleh warga dibantu dengan petugas BPBD Kabupaten Batang, Muspika dan tim relawan PMI.

Hingga saat ini BPBD bersama pihak pemerintah desa sedang melakukan pendataan jumlah total rumah rusak ringan maupun rusak berat akibat bencana tersebut.

Keterangan dari Anggota Korps Sukarelawan (KSR) PMI Kabupaten Batang, Suryani, mengungkapkan bahwa hasil pendataan sementara kerusakan rumah akibat angin puting beliung di Desa Sukorejo sebagai berikut,  di Dukuh Bandungan terdapat enam rumah rusak parah yakni Ahmad nahrowi RT 2 RW 1, Misadi RT 1 RW 1, Zaenab RT 5 RW 1, Abdul mofit RT 5 RW 1, Solihin RT 5 RW 1, Haji slamet RT 4 RW 1

Sedangkan di Dukuh Kalenggangan terdapat tiga rumah rusak parah diantaranya Supar RT 5 RW 2
, Abdul rozak RT 5 RW 2 dan Muklasin RT 5 RW 2. (WD)

 

Tags : angin puting beliungBatang

Leave a Response