close
Bencana

Pemalang, Pekalongan, Batang kirim bantuan bencana gempa Lombok

gempa lombok
Ilustrasi. Relawan bencana gempa bumi Lombok sedang melakukan rapat koordinasi di Posko Lapangan Ancak, Desa Karangbajo, Kecamatan Bayan Kabupaten Lombok Utara.Jum'at (10/08) Foto: Azroqi Hamdi, Ketua Relawan Posko Lapangan Ancak Karangbajo

Pekalongan, Wartadesa. – Bantuan kemanusiaan untuk korban bencana gempa bumi di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) terus berdatangan.  Pemerintah Kabupaten Pemalang, hari ini, Jumat (10/08), mengirim bantuan kemanusiaan kepada korban.

Berbagai jenis bantuan, yang akan diterbangkan melalui bandara Adi Sumarmo Solo tersebut, yakni, mie instan, selimut, beras, gula, roti, pembalut wanita dan pampers untuk balita.

Bupati Pemalang Junaedi, yang diwakili oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Pemalang, Budi Rahardjo, didampingi Kapolres Pemalang dan Dandim 0711 Pemalang, melepas pemberangkatan bantuan kemanusiaan tersebut, di halaman Mapolres Pemalang.

Budi Rahardjo, saat melepas bantuan tersebut, berharap bantuan yang dikirim ke Lombok ini, dapat bermanfaat dengan baik, bagi korban bencana alam gempa bumi di Lombok.

“Semoga bantuan ini, dapat bermanfaat bagi korban bencana di Lombok”, tuturnya.

Lebih lanjut Budi Rahardjo menjelaskan, Pemerintah Kabupaten Pemalang, semula akan mengirimkan 1 ton beras, dan 1 ton gula pasir, namun karena pesawat yang akan mengangkut bantuan tersebut, dibatasi daya angkutnya, maka kemudian diputuskan untuk dikurangi volumenya, dan diganti dengan mie instan, dan selimut.

Dalam kesempatan itu, Budi Rahardjo, mengaku bangga dengan bangsa Indonesia, yang masih sangat kuat rasa persatuan dan kesatuannya, walaupun dalam kondisi hiruk pikuk politik yang menghangat, namun ketika ada bencana alam, warga Indonesia, saling bergandengan tangan, membantu saudaranya yang sedang mengalami musibah.

“Saya bangga dengan bangsa Indonesia, yang masih sangat kuat rasa persatuan dan kesatuannya, walaupun dalam hiruk pikuk politik, namun ketika ada bencana kita masih bergandengan tangan dengan baik”, ujarnya.

Pekalongan

Pengiriman bantuan kemanusiaan juga dilakukan oleh Polres bersama Kodim 0710 Pekalongan, sehari sebelumnya. Kamis (09/08). Kapolres Pekalongan,AKBP wawan Kurniawan,mengungkapkan bahwa pengumpulan bantuan tersebut merupakan tekad dari Polres Pekalongan dan Kodim 0710 Pekalongan.

“Bantuan berupa kebutuhan pokok dari makanan,kebutuhan bayi,makanan bayi,kebutuhan perempuan.Dan ini semua akan berkumpul di Boyolali,”ungkap Wawan.

Sementara itu Dandim 0710 Letkol Inf Muhammad Ridha mengungkapkan bahwa pengiriman bantuan yang masing-masing 1 truck dari Polres dan Kodim tersebut merupakan bentuk kepedulian bagi saudara-saudara di Lombok.

“Ini merupakan sawadaya dari kita,untuk turut merasakan penderitaan saudara-saudara kita yang ada dilombok,”

Dikatakan,nantinya bantuan tersebut akan dikumpulkan di Boyolali dan selanjutnya akan diterbangkan ke NTB dengan menggunakan Pesawat Hercules.

Batang

Kepolisian Resor Batang dan Komando Distrik Militer 0736/Batang, mengirimkan bantuan dalam rangka tanggap darurat bencana gempa bumi berkekuatan 7 skala richter, di Lombok, Nusa Tenggara Barat.

Kapolres Batang, AKBP Edi Suranta Sinulingga, mengatakan, pengiriman bantuan yang diprakasai oleh Polres dan Kodim itu merupakan bentuk kepedulian dan kemanusiaan bagi korban gempa, di Lombok.

“Sekaligus kami ingin memberikan gambaran betapa solidaritas yang selama ini dibangun di jajaran TNI dan Polri. Kita sinergikan bahwa kita semua peduli terhadap saudara-saudara kita yang mengalami bencana di NTB,” ujar Kapolres Batang.

Dikatakan, bantuan berupa beras, pakaian layak, dan mi instan itu akan diterbangkan menggunakan pesawat Hercules dari Bandara Adi Soemarmo Solo.

“Saya berharap bantuan ini setidaknya dapat mengurangi beban yang mengalami musibah di sana. Saya atas nama Polres Batang sekali lagi mengapresiasi karena telah memberikan bantuan kepada saudara-saudara kita di Lombok,” ungkapnya.

Adapun bantuan kemanusian dari Polres Batang yang akan dikirim ke Lombok antara lain pakaian layak pakai 3.950 potong, mi instan 150 dus, dan beras sebanyak 1 ton. Sedang bantuan dari Kodim 0736/Batang antara lain, pakaian layak pakai 14 karung, mi instan 50 dus dan beras sebanyak 225 Kilogram. (WD)

Tags : gempa lombok