close
Kesehatan

Petungkriyono bentuk Kelas Bapak Hamil

kelas bapak hamil

Petungkriyono, Wartadesa. – Tingginya angka kematian ibu dan anak di Kabupaten Pekalongan, membuat Pemerintah Kecamatan Petungkriyono membentuk kelas bapak hamil di masing-masing desa.

Menurut Camat Petungkriyono, Agus Dwi Nugroho, kelas bapak hamil merupakan upaya pendidikan kepada para suami yang istrinya sedang hamil. Mulai dari mengandung hingga paska melahirkan.  Demikian disampaikan saat melakukan monitoring di Balai Desa Yosorejo,  Selasa lalu.

Agus melanjutkan, pihaknya saat ini menyiapkan modul pembelajaran dan sudah berkoordinasi dengan Puskesmas setempat, sehingga kegiatan kelas bapak hamil dapat dilaksanakan dalam waktu dekat.

“Dengan adanya kelas bapak hamil, semoga bisa membuat para suami menjadi lebih perhatian terhadap istrinya. Dan dapat bertindak cepat dalam mengambil keputusan. Demi keselamatan ibu dan bayinya,” katanya, Selasa (6/2), dikutip dari Suara Petungkriyono.

Budi Cahyono Ponco, dokter Puskesmas Petungkriyono mengungkapkan bahwa kasus kematian bayi dan ibu di Kecamatan Petungkriyonopada 2017 sejumlah tiga kasus.

“Harapan kami dengan adanya kelas bapak hamil ini, bisa menurunkan kasus AKI/AKB di Kecamatan Petungkriyono. Sehingga butuh peran serta dari masyarakat untuk dapat mensukseskan program tersebut,” pungkasnya. (Sumber: Suara Petungkriyono)

Tags : kelas bapak hamil