close
PendidikanSeni Budaya

Puluhan siswa di Pemalang meriahkan kemah budaya

kemah budaya

Pemalang, Wartadesa. – Puluhan siswa-siswi SMA sederajad Kabupaten Pemalang mengikuti gelaran kemah budaya di obyek wisata Pantai Widuri. Perhelatan yang merupakan wahana untuk menumbuhkan kecintaan dan meningkatkan apresiasi generasi muda terhadap warisan budaya dan cagar budaya tersebut digelar Senin-Selasa (09-10/12/2019).

Kemah budaya mengambil tema ”Mewujudkan generasi muda yang mandiri berdaya saing dan berkarakte” dibuka oleh Plt. Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Pemalang,  Supa’at. Sebelum dilaksanakan pembukaan kemah budaya, para peserta upacara, disuguhi pagelaran drama musikal berjudul gebyar merah-putih yang disajikan secara apik oleh para siswa SLB Negeri 1 Pemalang.

Menurut Supaat, kemah budaya tahun ini merupakan langkah awal dalam proses mewujudkan amanat Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2010 dari pasal yang berkaitan dengan program pelestarian.

Supa’at berharap partisipasi para peserta dalam upaya pelestarian warisan budaya melalui pengalaman dan pengetahuan agar  mampu mengantarkan masyarakat kabupaten Pemalang sadar dengan budayanya. Supa’at menambahkan, dengan kegiatan kemah budaya dapat membuka pikiran dan wawasan bahwa di Kabupaten Pemalang memiliki potensi warisan budaya dan kearifan lokal luar biasa dan perlu dilestarikan.

Kemah budaya yang digelar diisi beragam kegiatan separti ceramah/saresehan sejarah lokal dan cagar budaya, permainan puzzle, pentas seni, kunjungan lapangan, menulis dan presentasi essai /artikel. (Eva Abdullah)

Tags : kemah budayapemalang