close
Kesehatan

Masuk Zona Merah, April-Juni 90 Jenazah Covid-19 Dimakamkan

bagus sadewo
Ilustrasi. Relawan pemakaman jenazah Covid-19 Kabupaten Pekalongan. Foto: Bagus Sadewo, Relawan PMI

Kajen, Wartadesa. – Kota Santri, Pekalongan sejak Jum’at (18/06) masuk zona merah Covid-19. Lonjakan kasus korona ini terjadi pada bulan ini. Hingga 21 Juni 2021 kemarin, petugas sudah memakamkan 59 pasien Covid-19 yang meninggal. Total, sejak April-Juni, menurut Kepala Badan Penanggulangan bencana Daera (BPBD) Kabupaten Pekalongan, Budi Raharjo, terdapat 90 pemakaman dengan protokol Covid-19.

Budi dalam Rapat Satgas Covid-19 Kabupaten Pekalongan di aula Setda lantai 1 mengungkapkan bahwa pada Senin (21/06) petugas tengah memakamkan jenazah Covid-19 sebanyak lima orang. “pada bulan April hingga Mei kita hanya memakamkan 31 jenazah, namun karena bulan juni ini melonjak, hingga tangga 21, kita sudah memakamkan 59 jenazah,” tuturnya.

Menurut Budi, tim relawan pemakaman yang terdiri dari empat tim dengan relawan 12 orang, terkendala dengan jumlah armada yang terbatas. Namun, jumlah armada dari BPBD yang dua unit dibantu oleh armada dari PMI dan Bagana.

Sementara itu, Bupati Pekalongan, Asip Kholbihi mengungkapkan bahwa saat ini Kota Santri membutuhkan penanganan Covid-19 lebih maksimal. Terutama kesadaran warga untuk menerapkan protokol kesehatan dengan ketat.

“jika perlu kita tutup tempat – tempat yang menimbulkan kerumunan, ASN yg terpapar covid akan diisolasi dirumah masing masing, dan PPM mikro harus ditingkatkan lagi. Serta apakah dipandang perlu dilakukan semi lockdown apa tidak,” ujar Asip.

Data kasus Covid-19 di Kota Santri menurut Kepala Dinas Kesehatan, Setiawan Dwi Antoro, hingga saat ini adalah, suspek  621 orang, dirawat 95 orang, kemudian 201meninggal. Pasien yang melakukan isolasi mandiri 316 orang, sembuh 3.040, pulang dan sehat 54 orang.

Angka tersebut menurut Setiawan dibawah Kabupaten Semarang, atau urutan ketujuh Jawa Tengah. Dengan tingkat kasus tertinggi di Kecamatan Kesesi, Kajen, Tirto dan Sragi. (Buono)

Terkait
Masuk zona merah, kegiatan keramaian di Tangkilkulon dihentikan hingga akhir bulan

Kedungwuni, WartaDesa. - Paska terpaparnya tiga orang warga Desa Tangkil Kulon, Kedungwuni, Pekalongan, Jawa Tengah, positif Covid-19, pemerintah desa setempat Read more

Kabupaten Pekalongan masuk zona merah dengan resiko tinggi

Kajen, WartaDesa. - Bertambahnya kasus Covid-19 di beberapa kecamatan di wilayah Kabupaten Pekalongan dengan total positif 248 orang, terdiri dari Read more

12 ribu pemudik dari zona merah tiba di Kota Santri

Kajen, Wartadesa. - Sedikitnya 12 ribu pemudik dari zona merah seperti Jakarta tiba di Kota Santri, hal tersebut membuat Pemkab Read more

Fasilitas umum gencar disemprot disinfektan
Wartadesa foto

Fasilitas umum gencar disemprot disinfektan Kabupaten Pekalongan - Sebagai bentuk pencegahan penyebaran Covid-19, petugas gabungan yang Read more

Tags : covid-19Kota SantriPekalonganzona merah