close
Sosial Budaya

Tren harian pemudik meningkat, namun terminal bus sepi

bis
ilustrasi

Pekalongan, Wartadesa. – Meski kondisi di stasiun dan terminal masih sepi. Namun tren kenaikan harian pemudik yang tiba di Pekalongan mengalami kenaikan, ditengah larangan mudik oleh pemerintah.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pekalongan Setiawan Dwiantoro, kemarin petang, mengatakan, hingga tanggal 28 April 2021 jumlah pemudik sudah mencapai 1.846 orang. Data tanggal 27 April ada 1.451 orang. Artinya, tren harian jumlah pemudik yang pulang kampung ada peningkatan cukup signifikan.

“Kita hanya menganalisis tren kecenderungannya. Ini meningkat drastis kalau kita lihat perkembangannya dari data pemudik yang masuk ke kita. Makanya perlu adanya antisipatif dan juga bagaimana upaya kita mencegah yang mudik-mudik ini apabila ada gejala langsung kita lakukan isolasi,” ujar Wawan.

Hal yang sama juga terjadi di Pemalang. Belum terjadi lonjakan penumpang di Pemalang hingga Jum’at (30/04) di Terminal Tipe A Pemalang. Rata-rata penumpang yang turun sebanyak 20 orang per hari.

Staff Administrasi terminal, Umar Alim, mengungkapkan jumlah kedatangan penumpang dari beberapa trayek bus AKAP masih relatif stabil. “Kemungkinan karena sudah ada informasi larangan mudik dari pemerintah. Dan mulai tanggal 6 Mei nanti sudah tidak ada armada,” ujarnya.

Penumpang yang turun di terminal akan dilakukan pemeriksaan kesehatan oleh petugas gabungan dari Dinkes, Satpol PP, dan kepolisian yang ada di posko mudik terminal. “Untuk data Kamis 29 April kemarin angka kedatangan masih 432 penumpang. Ini masih di angka rata-rata belum ada kenaikan yang signifikan,” kata Umar.

Pihak pengelola terminal mengaku mendapatkan keluhan terutama dari kru bus terkait aturan larangan mudik tahun ini yang secara otomatis menurunkan pendapatan mereka. “Namun kami sosialisasikan kepada mereka aturan dan sanksi yang akan diterima ketika ada armada yang melanggar aturan,” pungkasnya. (Eva Abdullah)

Terkait
Prihatin Jalan Rusak di Pemalang, Ampera Gelar Demo

Pemalang, Wartadesa. - Prihatin dengan kondisi ruas jalan di Kota Ikhlas yang rusak, massa yang menamakan dirinya Aliansi Masyarakat Pemalang Read more

Waspada! Penyakit Mulut dan Kuku Masuk Pemalang

Pemalang, Wartadesa. - Munculnya kasus Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) di Kota Ikhlas membuat Kepala Bidang Peternakan Dinas Pertanian Kabupaten Read more

[Video] Wujudkan Desa Digital, Dispermasdes Pemalang Gelar Pelatihan Sidekem

Pemalang, Wartadesa. - Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Dispermasdes) Kabupaten Pemalang menggelar pelatihan Sistem Informasi Desa dan Kawasan Pemalang (Sidekem) Read more

Video Tutorial Pakai Sarung Bupati Pemalang Banjir Komentar Warganet, Tutorial Memperbaiki Jalan Rusak

Pemalang, Wartadesa. - Video tutorial cara mengenakan sarung khas Pemalang oleh Bupati Mukti Agung Wibowo di laman media sosial Headline Read more

Tags : mudikPekalonganpemalang