close
wihaji

Batang, WartaDesa. – Sebanyak 76 warga Batang positif Covid-19 mengajukan permohonan bantuan santunan sebesar Rp 1 juta. Santunan tersebut diberikan kepada orang yang dinyatakan positif covid-19 dengan status orang tanpa gejala yang melakukan isolasi mandiri.

Bupati Batang, Wihaji mengungkapkan bahwa santunan tersebut dalam rangka untuk mensukseskan grakan zero covid-19 di wilayahnya. “Kita memang memiliki gerakan zero covid-19 tapi belum maksimal, justru malah ada kenaikan. Ini sesuai prediksi ada peningkatan di bulan Agustus,\” kata Wihaji saat ditemui di kantornya, Senin (7/9).

Wihaji meminta warga Batang tidak takut dengan Covid-19, namun dengan mematuhi protokol kesehatan. “Kita harus edukasi masyarakat secara bersama, karena covid-19 belum selesai patuhi protokol kesehatan. Sehat bukan hanya untuk kita tapi keluarga dan saudara-saudara kita,” jelas Wihaji.

Sementara itu, Joko Tetuko, Kepala Dinas Sosial Batang mengatakan bahwa bantuan diambil dari alokasi anggaran bantuan sosial. “Warga Batang terpapar covid-19 dapat bantuan uang Rp1 juta, yang bantuan tersebut diambilkan dari alokasi anggaran bantuan sosial yang sekarang sudah ada 76 pemohon bantuan,” ungkapnya.

Alokasi bantuan sosial yang dikelola bukan saja untuk covid-19, tapi juga masalah sosial lainnya seperti operasional pengobatan bagi masyarakat miskin dan bantuan bencana. “Nilai alokasi anggarannya sebesar Rp400 juta di penetapan APBD, dan ini masih mengajukan penambahan anggaran perubahan sebesar Rp200 juta,” lanjutnya.

Untuk pengajuan santunan tersebut, lanjut Joko, cukup dengan foto kopi KTP, surat keterangan tidak mampu dari kelurahan/desa dan surat keterangan dari laboratorium atau klinik yang menyatakan positif Covid-19. (Eva Abdullah)

Terkait
Razia di Banyuputih dan Limpung, ratusan botol miras diamankan

LIMPUNG, WARTADESA. - Jajaran Polsek Limpung, Batang menggelar razia minuman keras dalam Kegiatan Kepolisian yang Ditingkatkan (KKYD) di wilayah Banyuputih Read more

Cemburu! Istri dianiaya hingga meninggal, suami gunakan alibi kecelakaan

BATANG, WARTADESA. -  Sepandai-pandainya menyimpan bangkai, bau busuk akan tercium juga. Seperti pepatah, ulah DK alias Congli (25) warga Desa Read more

Zona Orange, Pemkab Batang belum putuskan pembelajaran tatap muka

Batang, WartaDesa. - Bupati Batang, Wihaji, belum berani memutuskan pembelajaran tatap muka (KBM) lantaran wilayahnya masih masuk zona orange (oranye) Read more

Bayi usia seminggu ditemukan mengambang di sungai Kitiran

Batang, WartaDesa. - Warga sekitar Desa Kambangan, Blado, Batang digegerkan dengan penemuan jasad bayi berjenis kelamin laki-laki yang mengambang di Read more

Tags : Batangsantunan covid-19