close
Hukum & KriminalTekno

Waspada! Akun FB Bripka Waryono dibajak, digunakan untuk penipuan orang tak bertanggungjawab

facebook-dibajak_20150721_114253
Ilustrasi. Foto: Google

Lebakbarang, Wartadesa. – Akun media sosial Facebook milik Bripka Waryoo, Bhabinkamtibmas Polsek Lebakbarang, Polres Pekalongan dibajak oleh orang tidak dikenal dan digunakan untuk penipuan orang yang tidak bertanggungjawab.

Pembajakan akun milik Waryono tersebut terjadi sejak hari Jum’at (18/01/2019). Modus yang digunakan pelaku yakni dengan cara mengirim pesan pribadi (privat messenger) ke korban, kemudian pelaku meminta nomor Whats App. Demikian disampaikan anggota keluarga korban, Budi Rahayu Setiawan kepada Wartadesa, Senin (21/01).

Tangkapan layar korban akun palsu Waryono

Setelah pelaku mendapatkan nomor WA korban, pelaku kemudian login ke akun FB korban dengan mengkonfirmasi bahwa akunnya kebajak orang dengan mengklik tautan help/hacked. Kemudian pelaku meminta kode konfirmasi yang dikirimkan ke nomor ponsel korban kepada pelaku. Setelah pelaku mendapatkan user dan pasword baru. Akun korban digunakan untuk kegiatan penipuan. Lanjut Budi Rahayu Setiawan.

“Modus yang digunakan yakni dengan meminta pulsa dengan nominal 100 ribu, kepada teman maupun teman dari teman korban,” ujar Budi.

Budi menambahkan, bahwa hingga saat ini korbannya berantai. “Korban berantai mas… teman korban, teman dari teman korban dan selanjutnya,” paparnya.

Dengan kejadian tersebut, Waryono berpesan agar pengguna media sosial berhati-hati. “Jangan berikan kode konfirmasi dalam bentuk apapun pada orang yang tidak dikenal. Jika orang itu Anda kenal, usahakan ketemu langsung, atau ada pendukung lain,” ujar Waryono. (WD)

Tags : fb dibajak

Leave a Response