close
Layanan PublikNasional

Asip desak pembangunan rest area di Pekalongan

rest area pekalongan

Kajen, Wartadesa. – Bupati pekalongan, Asip Kholbihi mendesak dan meminta dengan hormat agar Menteri PUPR Republik Indonesia untuk mengabulkan permintaan warga Pekalongan terkait pembangunan rest area di ruas tol Pemalang-Batang.

Asip menyampaikan bahwa pihaknya sudah sejak 2009, bahkan sejak pertama kali ide pembangunan jalan tol, dirinya mengusulkan pembangunan rest area untuk menjual produk batik. “Makanya tadi dihadapan Menteri PU  Basuki Hadimuljono,  saat melakukan kunjungan ke area tol di ruas Pekajangan saya sampaikan bahwa Kabupaten Pekalongan hanya minta rest area untuk menjual produk batik.” Ujarnya Kamis (08/03).

Namun, lanjut Asip, Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Hery TZ masih berkeberatan karena alasan jarak antara jalan tol Kabupaten Pemalang dan Kabupaten Batang. Bagi saya pokoknya ini harus karena menyangkut aspirasi seluruh pedagang, para pelaku industri UMKM batik yang ada di Kabupaten Pekalongan.

Menurut Bupati, efek pembangunan jalan tol ini berdampak sepinya grosir penjualan batik di Kabupaten Pekalongan.

“Saat ini sudah ada beberapa pasar grosir yang keadaannya sudah kelihatan sepi seperti grosir Pantura di Wiradesa, kemudian pedagang batik di sepanjang jalan rata pantura. Ini menyangkut nasib ribuan pekerja. Jadi Pemerintah Pusat harus memperhatikan dengan benar.” Lanjut orang nomor satu di Kota Santri ini.

Persoalan jarak, masih menurut Bupati Pekalongan, saya kira bisa diatur dan direkayasa. Yang penting ada tempat rest area di wilayah Kabupaten Pekalongan dari arah barat (Jakarta) untuk memasarkan hasil-hasil produk unggulan dari Kabupaten Pekalongan.

Asip menegaskan bahwa pihaknya sudah menyiapkan dengan berbagai pola, seperti pola kerjasama dengan pihak ketiga. “Tidak menutup kemungkinan dibangun oleh Pemkab Pekalongan atau dibangunkan oleh Pemerintah Pusat. Yang jelas kalau ini sudah pasti, akan dicarikan skemanya yang terbaik seperti apa,” paparnya. (Eva Abdullah)

Terkait
Ekonomi dan Wisata Batang terancam, akibat Tol Trans Jawa

Batang, Wartadesa. - Perekonomian dan wisata Kabupaten Batang terancam mengalami penurunan akibat wilayah tersebut dilewati jalan Tol Trans Jawa, ruas Read more

Waspadai jembatan Klunjukan saat melewati ruas tol fungsional Pemalang-Batang

Pekalongan, Wartadesa. - Bagi pemudik yang melintasi ruas tol fungsional Pemalang-Batang, hendaknya mewaspadai dan berhati-hati saat melewati jembatan Klunjukan Kecamatan Read more

Ingat kecepatan maksimum tol Pejagan-Batang 40 KM/jam

Pemalang, Wartadesa. - Kapolda Jateng,  Irjen Pol Condro Kirono memerintahkan kepada Kapolres Pemalang bahwa agar tidak terjadi penumpukan parkir kendaraan Read more

Kapolda: Hindari penumpukan pemudik di rest area Kelangdepok Bodeh saat buka puasa

Pemalang, Wartadesa. - Fungsionalnya ruas tol Pejagan-Pemalang, yang diperkirakan mulai H-10 arus mudik 2017 akan berdampak pada padatnya lalu-lintas pemudik Read more

Tags : jalan tolrest area