close
rakor bpnt
rapat koordinasi BPNT Kabupaten Pemalang di ruang Sasana Bhakti Praja, Rabu (13/02).

Pemalang, Wartadesa. – Program bantuan Beras Sejahtera (rastra) yang kini berganti dengan Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) di Kabupaten Pemalang, diharapkan penyalurannya tepat sasaran. BPNT adalah bantuan pangan dari pemerintah yang diberikan kepada KPM setiap bulannya melalui mekanisme akun elektronik yang digunakan hanya untuk membeli pangan di e-Warong KUBE PKH / pedagang bahan pangan yang bekerjasama dengan Bank yang ditunjuk. Bertujuan untuk mengurangi beban pengeluaran serta memberikan nutrisi yang lebih seimbang kepada KPM secara tepat sasaran dan tepat waktu. Tulis laman PKH.

Meski demikian hingga saat ini banyak keluhan ditingkat warga, bahwa keluarga penerima manfaat (KPM) bantuan sosial di beberapa tempat belum tepat sasaran.

Institusi kepolisian diharapkan mampu mendampingi dan mendorong program BPNT sesuai sasaran. “Kami berharap Polri dapat menjadi pendamping yang dapat mendorong program BNPT sesuai sasaran, tepat mutu barang dan didistribusikan tepat waktu.” Tutur Asisten II, M Supaat pada rapat koordinasi BPNT Kabupaten Pemalang di ruang Sasana Bhakti Praja, Rabu (13/02).

Supaat berharap agar bantuan sosial berjalan dengan baik dan diterimakan kepada penerima manfaat yang memenuhi kriteria. “Harapannya bantuan pangan non tunai berjalan dengan baik dan diterima oleh keluarga yang memenuhi syarat” ungkapnya.

Data saat ini, di Pemalang telah terdapat 114 E-Warung, jumlah tersebut akan selalu ditambah, ujar Kepala Dinas Sosial KBPP Kabupaten Pemalang, Slamet Masduki. “Di setiap desa telah disiapkan E-Warung dan agen untuk memudahkan Keluarga Penerima Manfaat (KPM) dalam berbelanja dengan menggunakan kartu kesejahteraan” ucapnya.

Kapag Ops Polres Pemalang, Kompol Alkaf Chaniagi, pun berharap hal yang sama. Bahwa penyaluran bantuan sosial tepat sasaran. “Harapan kami penyaluran bantuan tepat sasaran, dan Polres Pemalang siap untuk mengamankan berbagai kegiatan terkait program Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT)” tegasnya.

Sebelumnya, Warta Desa melaporkan bahwa beberapa penerima manfaat bantuan sosial yang saat ini sedang bergulir tidak tepat sasaran. Warga mengaku banyak keluarga mampu masih menerima bantuan tersebut. Mereka berharap agar pihak berwenang segera melakukan update data penerima manfaat sesuai dengan ketentuan. (WD)

Tags : bansosbpntPKH

Leave a Response