close
ndolalak

Kebumen, – wartadesa. – Samudin, salah warga Desa Petukrejo Kecamatan Mirit Kabupaten Kebumen menyelengarakan hajatan, Jum’at (18/11). Hal yang lumrah memang warga menyelenggarakan hajatan, yang menarik pada acara hajatan tersebut, sang tuan rumah memeriahkanya dengan pentas seni Ndolalak yakni kesenian tradisional dengan basis musik gamelan dan tari jawa dengan jumlah anggota sekitar 8 sampai sepuluh penari tiap grubnya.

Pentas tari Dolalak, dalam sebuah hajatan warga di Kebumen, Jumat (18/1) Foto: Eva Abdullah Ajis/wartadesa
Pentas tari Dolalak, dalam sebuah hajatan warga di Kebumen, Jumat (18/1) Foto: Eva Abdullah Ajis/wartadesa

Ndolalak adalah kesenian asli Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah. Konon, tarian ini merupakan peninggalan  zaman penjajahan Belanda. Asal kata nama tari ini unik. Dolalak adalah dari not Do dan La karena tarian ini diiringi hanya dengan alat musik dua nada menggunakan sepasang Kenong.

“Saya memilih mementaskan kesenian Ndolalak karena saya cinta kesenian yang sudah ada sejak jaman dulu, dan saya harap generasi muda mau melestarikanya supaya terus dikenal,” harap Rabani.

Robani selaku ketua grub Ndolala Tepisaliro dari daerah setempat ketika diwawancarai merasa sangat senang atas semangat warga untuk terus melestarikan kesenian Ndolalak, Menurutnya untuk pelestarian seni budaya perlu dukungan masyarakat juga. “Untuk bisa mementaskanya tidak perlu merogoh kocek terlalu dalam, hanya sekitar tiga sampai empat juta saja.” Ujarnya.

Penari-penari Ndolalak bisa mengalami kejadian seperti kerasukan. Saat seperti ini, para penari tidak sadar karena sudah begitu larut dalam tarian dan musik. Tingkah mereka bisa aneh-aneh dan lucu.

“Yang menarik para penari akan menari sambil kesurupan, makanya untuk jadi penari harus terlatih” ucap Robani. ***(Suparjo/Eva)

Terkait
Meski diguyur hujan, kemah budaya pelajar tetap semarak

Karangdadap, Wartadesa. - Gelaran kemah budaya pelajar SMA dan SMK se-Kabupaten Pekalongan di lapangan Desa Kebonsari, Kecamatan Karangdadap Kabupaten Pekalongan Read more

Tebarkan syiar Islam, grup hadroh SMA Islam YMI tampil di Kajen

Kajen, Wartadesa. - Grup Hadroh SMA Islam YMI Wonopringgo, Syauqul Mustofa, kembali tampil dalam pembacaan maulid nabi dan solawat pada Read more

Ultah Perak, SMA Islam Wonopringgo gelar pameran seni

Wonopringgo, Wartadesa. - Suasana meriah terlihat di SMA Islam YMI Wonopringgo, Selasa (28/2). Sebuah pagelaran pameran seni dan budaya digelar Read more

Berenang di Pantai Kaliprau, dua anak meninggal

Pemalang, Wartadesa. - Dua dari empat anak yang tenggelam terseret ombak di Pantai Kaliprau, Pemalang, Jum'at (26/02) sore ditemukan dalam Read more

Tags : DolalakNdolakaksenitradisional