close
Sosial Budaya

Ultah Perak, SMA Islam Wonopringgo gelar pameran seni

foto seni budaya

Wonopringgo, Wartadesa. – Suasana meriah terlihat di SMA Islam YMI Wonopringgo, Selasa (28/2). Sebuah pagelaran pameran seni dan budaya digelar untuk memeriahkan ulang tahun perak SMA di Kampus Pendidikan YMI Sedayu Wonopringgo ini.

Ratusan siswa dari SMP dan MTs se-Kecamatan Wonopringgo berbaur untuk ikut menyemarakan pagelaran budaya ini. Berbagai stand seni dan budaya ditampilkan untuk ‘nguri-uri’ budaya asli daerah.

Mahmudah, guru Bahasa Jawa SMA Islam Wonopringgo saat ditemui Wartadesa mengungkapkan bahwa sehari sebelum pelaksanaan pameran seni dan budaya, siswa menampilkan pertunjukan drama dalam acara Pagelaran Sandhiwara.

“Pagelaran Sandhiwara ini merupakan bentuk apresiasi siswa terhadap seni di SMA Islam Wonopringgo. siswa kelas XII menampilkan tiga judul, masing-masing satu kelas XII satu judul yang dikemas dalam panggung sandhiwara.” Tutur Mahmudah.

Pagelaran sandhiwara ini mengekspos  drama dalam seni kontemporer, semacam ketoprak mbeling. Dalam tampilan ini setiap grub membawakan drama dalam bahasa Jawa khas Pekalongan. Selanjutnya dilakukan paparan dan review tentang budaya drama Jawa. Tambah Mahmudah.

Andika Rizki Rosida, guru Seni SMA Islam menyampaikan, “Pameran seni yang digelar pada Selasa (28/2) merupakan pameran ketiga kalinya. Ini pameran ketiga yang kita gelar untuk menyemarakkan ulang tahun SMA Islam Wonopringgo,” ujarnya.

Diharapkan dengan digelarnya pameran seni dan budaya ini dapat meningkatkan apresisasi masyarakat terhadap seni di Indonesia. Khususnya keluarga besar SMA Islam Wonopringgo. Tambah guru yang biasa dipanggil Ibu Osi ini.

Selain pameran seni, pertunjukan band digelar untuk menyemarakkan ulang tahun perak SMA Islam Wonopringgo. Dodhy Harjinto, Kepala Sekolah, saat ditemui Wartadesa mengungkapkan apresiasi dan harapannya agar pagelaran seni dan budaya dapat diselenggarakan secara kontinue.

“Pameran seni dan budaya kali ini sangat baik, dilihat dari antusiasme pengunjung yang hadir semakin meingkat. Kami berharap agar ditahun-tahun mendatang pelaksanaanya akan lebih meriah lagi.” Pungkas Dodhy Harjinto. (Eva Abdullah)

Terkait
SMA Islam Wonopringgo terapkan Pembelajaran Online

Wonopringgo, Wartadesa. - Turunnya edaran dari Pemerintah Provinsi Jawa Tengah dan Pemkab Pekalongan agar seluruh sekolah melaksanakan aktivitas belajar mengarjar Read more

Hadapi era industri 4.0, YMI Wonopringgo gelar sarasehan

Wonopringgo, Wartadesa. - Yayasan Madrasah Islamiyah (YMI) Wonopringgo, Kabupaten Pekalonan akan menggelar seminar pendidikan bertajuk "Sarasehan Pendidikan sebagai upaya Yayasan Read more

Sambut Hari Santri, SMA Islam YMI langitkan 28.000 Salawat Nariyah

Wonopringgo, Wartadesa. - Pagi itu, Senin, 21 Oktober 2019, ada pemandangan yang tidak biasa di lingkungan SMA Islam YMI. Sejak Read more

SMA Islam YMI Bentuk Karakter Peserta Didik melalui Kegiatan Pramuka

Wonopringgo, Wartadesa. - Dewan Ambalan SMA Islam YMI Wonopringgo mengadakan kemah pengambilan badge ambalan Wahid Hasyim-Rabiah Al Adawiyah. Kegiatan ini Read more

Tags : budayasandhiwarasenisma islam wonopringgo