close
Sosial Budaya

Warga Kalijambe, antusias sambut IPAL Komunal berbasis masyarakat

ipal kalijambe

Sragi, Wartadesa. – Warga dukuh Genteongkidul Desa Kalijambe Kecamatan Sragi Kabupaten Pekalongan menyambut gembira dan antusias peresmian Instalasi Pengolah Air Limbah (IPAL) Komunal berbasis masyarakat yang dibangun di desanya.

Acara yang dihadiri oleh Bupati Pekalongan, Asip Kholbihi, Jum’at (14/1) sekitar pukul 14.00 WIB tersebut dihadiri pula Kapolsek Sragi, Dinas Perumahan Rakyat (DPU/Pera), Muspika dan masyarakat Sragi ini berlangsung meriah.

Ketua KSM (Kelompok Swadaya Masyarakat), Abu Said saat ditemui di lokasi mengatakan harapanya supaya IPAL di desanya bisa bermanfaat untuk warga kalijambe.

“Antusias masyarakar terhadap IPAL sangat bagus, ini terbukti dengan antusias warga untuk berswadaya, sehingga yang tadinya hanya bisa dimanfaatkan untu 59 pemanfaat (rumah tangga) sekarang menjadi 84 rumah tangga yang bisa memanfaatkan IPAL ini” Ucap Abu Said.

Abu  menuturkan, kedepan desanya bisa lagi mendapatkan program-program dari pemerintah yang berbasis sosial kemasyarakatan. Abu juga menambahkan bahwa manfaat IPAL Komunal ini juga bisa menghasilkan pupuk organik.

Sementara, Pemerintah Desa Kalijambe melalui Suparman, salah satu perangkat desa, berharap adanya IPAL bisa bermanfaat dan berdampak positif.

“Kami berharap IPAL tersebut bisa bermanfaat dan dimanfaatkan oleh warga, selain itu kami juga mengucapkan terima kasih kepada Pemda yang telah mewujudkan IPAL komunal di desa kami.” Ucap Suparman.

Bupati Pekalongan, Asip Kholbihi, dalam sambutannya menyatakan bahwa maksud pembangunan IPAL komunal dengan jaringan perpipaan bertujuan untuk meningkatkan jaminan kesehatan masyarakat. Pembangunan IPAL Komunal tersebut menelan anggaran senilai 490 juta rupiah. ***(Eva Abdullah Ajis)

Tags : IPALIPAL KomunalKalijambeSragi

Leave a Response