close
Dana DesaHukum & Kriminal

Warga Pekuncen pasang spanduk “Kinerja Nggak Becus” di depan kantor kelurahan

demo pekuncen

Wiradesa, Wartadesa. – Sejumlah warga memasang poster bertuliskan “Kinerja Gak Becus” “Ganti Lurah 2020” di depan kantor Kelurahan Pekuncen, Kecamatan Wiradesa, Kabupaten Pekalongan. Dua spanduk di kanan dan kiri depan kantor tersebut menjadi tontonan banyak warga, lantaran saat itu sedang berlangsung rapat RT/RW, LPMK beserta tokoh warga, Senin (18/05).

Jasno, Ketua LPMK Kelurahan Pekuncen mengatakan bahwa beberapa kali pihaknya menerima aduan warga bahwa kinerja lurah dinilai tidak bisa memimpin dengan baik.

“Kami beberapa kali menerima pengaduan dari warga dan sudah kita sampaikan juga mengenai hal tersebut kepada Bupati Pekalongan Asip Kholbihi. Namun sampai sekarang belum ada kejelasan mengenai hasilnya. Warga yang sudah jenuh dan jengkel kemudian melakukan aksi pasang poster tersebut,” jelas Jasno, dilansir dari Puskapik.

Jasno pun sudah mengirim mosi tidak percaya kepada Kepala Kelurahan Pekuncen, Edi Susmono dengan ditandatangani oleh perwakilan warga, ketua RT/RW, tokoh pemuda, tokoh masyarakat dan tokoh agama.

Bahkan pihak LPMK sudah menyurati Bupati Pekalongan sebanyak dua kali, dan saat ini dijanjikan oleh bupati akan segera ada keputusan, “namun sampai sekarang belum ada kejelasana sehingga warga tidak sabar lagi (hingga memasang spanduk tersebut),” ujar Jasno.

Menurut Jasno, permasalahan yang ada di kelurahannya terkait dengan tidak ada transparansi anggaran kelurahan, tidak transparan-nya anggaran Covid-19, pembagian BST dan sembako juga tidak berjalan baik. Selain itu juga persoalan administrasi warga yang tidak terlanyani dengan baik.

Kepala Inspektorat Kabupaten Pekalongan, Ali Reza, ketika dihubungi menyebutkan, pihaknya segera melakukan evaluasi mengenai aduan warga tersebut . “Kami sudah menerima pengaduan warga dan saat ini sedang diproses , namun belum ada keputusan karena masih harus meminta mengumpulkan sejumlah keterangan,“ katanya .

Menurut Ali, Kepala Kelurahan Pekuncen Edi Susmono, adalah seorang Aparatur Sipil Negara (ASN) sehingga harus ada proses tersediri.

Bupati Pekalongan, Asip Kholbihi, saat menemui perwakilan warga, beberapa waktu lalu menyebutkan bahwa masalah di kelurahan Pekuncen sedang diproses. “Kami sudah menerima surat dan pengaduan dari perwakilan warga, saat ini prosesnya masih berlangsung,“ ujar Asip Kholbihi.

Sementara itu, sampai berita ini diunggah, belum ada keterangan yang diperoleh dari Lurah Pekuncen Edi Susmono. (Sumber: Puskapik/Suryono)

Tags : Demopekuncen